Tari Seblang Asal Banyuwangi di Film KKN di Desa Penari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Laris manisnya film KKN di Desa Penari membuat tarian Seblang, asal Banyuwangi Jawa Timur, menjadi perbincangan di kalangan netizen.

Adegan tari di film ini menjadi viral di sosial media seperti Instagram, dan TikTok.

Mirip seperti di film, tarian ini sarat dengan kemistisan. Biasanya peragaan Tari Seblang Olehsari ini setiap tahun pada awal Bulan Syawal.

Tari Seblang merupakan salah satu tari tradisional asal Banyuwangi yang terbilang kuno.  Tarian ini merupakan salah satu tradisi yang setiap tahun di Desa Olehsari, Banyuwangi setiap bulan Syawal. Ini merupakan salah satu ritual adat dari rangkaian tradisi bersih Desa Olehsari untuk menghindari bala dan musibah atau biasa disebut tolak bala.

Awalnya, pemilihan penari Seblang oleh para tetua adat dan leluhur. Syarat penari adalah harus masih gadis. Dan masih satu garis keturunan dengan penari Seblang sebelumnya.

Kemudian, setelah penari sudah terpilih oleh roh leluhur, pada hari pelaksanaan, warga Desa Olehsari mengarak penari mengitari Desa Olehsari dan juga ziarah ke makam Buyut Ketut.

Penari Seblang mengenakan pakaian dengan batik asli Banyuwangi dan mahkota omprog dengan hiasan tumbuh-tumbuhan. Mulai dari bunga, dan juga janur untuk menutupi sebagian wajah penari.

Biasanya peragaan Tari Seblang di tempat khusus yang bernama Payung Agung dalam keadaan penari tidak sadarkan diri. Hal inilah yang membuat tarian ini bernuansa mistis. Penari Seblang menari dalam keadaan kesurupan arwah leluhur sambil mengitari Payung Agung dengan iring-iringan gamelan khas Banyuwangi.

Namun, meski dalam kondisi trance, para pawang akan mendampingi penari tersebut agar tetap aman selama tari Seblang berlangsung.

Ada beberapa sesi tarian berdasarkan lagu. Pada salah satu sesi, penonton yang berada di sekitar Payung Agung dapat berkesempatan untuk menari bersama Seblang di pentas jika ia mendapatkan selendang yang dilempar oleh penari Seblang ke penonton.

Pada sesi yang lain, penonton juga akan membeli kembang dermo pada penari Seblang untuk mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan. Penari Seblang akan menari selama tujuh hari berturut-turut mulai dari siang hari, sekitar pukul 13.30 WIB hingga menjelang surup-surup atau waktu maghrib.

Reporter: Azzura 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Sukses Selenggarakan PON XXI Dibawah Arahan Presiden Jokowi

Oleh: Laras Indah Sari )* Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara ditutup pada 20 September 2024.  Dalam hal ini,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini