Oleh: Fakhri Muhamad)*
Pemerintah menegaskan komitmennya dalam pembangunan sumber daya manusiamelalui program Sekolah Rakyat. Program ini menjadi salah satu prioritas utamayang digagas sebagai upaya memberikan akses pendidikan yang layak dan merata, khususnya bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu. Dengan mengedepankanpemerataan kesempatan belajar, Sekolah Rakyat diharapkan menjadi investasijangka panjang dalam mencetak generasi unggul yang siap membawa Indonesia menuju kemajuan.
Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan bahwa Sekolah Rakyat hadiruntuk memberikan pengalaman pendidikan yang baik, dari jenjang dasar hinggamenengah. Program ini tidak hanya membangun fasilitas fisik, tetapi jugamenitikberatkan pada kualitas tenaga pendidik. Guru dipandang sebagai ujungtombak yang menentukan keberhasilan pendidikan, karena dari mereka lahirgenerasi yang cerdas, tangguh, dan berkarakter.
Menurut Menko AHY, pendidikan merupakan kunci utama untuk memutus rantaikemiskinan. Dengan hadirnya Sekolah Rakyat, anak-anak dari keluarga sederhanamemiliki peluang yang sama dengan anak-anak lain untuk mengenyam pendidikanyang berkualitas. Lebih dari itu, sekolah ini membuka ruang bagi mereka untukbermimpi besar, memperbaiki taraf hidup, dan berkontribusi bagi bangsa. Negara melalui program ini hadir sebagai fasilitator yang menjembatani mimpi generasipenerus menjadi kenyataan.
Pemerintah menyiapkan langkah nyata untuk mewujudkan program ini. Di Kota Bengkulu, telah disediakan lahan permanen seluas tujuh hektare yang hanyaberjarak dua kilometer dari lokasi sekolah rintisan. Pembangunan tahap awalditargetkan dimulai tahun depan. Selain itu, rintisan Sekolah Rakyat juga dibangun di Kabupaten Kaur dan akan diperluas ke empat lokasi lain. Strategi inimemperlihatkan keseriusan pemerintah dalam mengeksekusi program prioritasPresiden Prabowo Subianto.
Apresiasi atas perhatian pemerintah pusat datang dari daerah. Wakil GubernurBengkulu, Mian, mengatakan rasa terima kasih atas pembangunan sekolah barutersebut. Menurutnya, kehadiran Menko AHY di Bengkulu menjadi bukti nyatabahwa pemerintah mendengar kebutuhan masyarakat. Dengan adanya dua sekolahrintisan tahun ini dan pembangunan gedung permanen tahun depan, masyarakatBengkulu optimistis anak-anak mereka akan memperoleh pendidikan yang lebih baikdan setara dengan daerah lain.
Program Sekolah Rakyat tidak hanya dimaksudkan sebagai solusi pendidikan di daerah tertentu, melainkan juga sebagai strategi pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia. Selama ini, akses pendidikan berkualitas masih menjaditantangan besar, terutama di daerah yang jauh dari pusat kota. Dengan membangunsekolah di lokasi-lokasi prioritas, pemerintah berharap kesenjangan pendidikandapat dikurangi. Sekolah Rakyat dihadirkan sebagai jawaban untuk memastikantidak ada anak bangsa yang tertinggal dalam memperoleh kesempatan belajar.
Dampak jangka panjang program ini diyakini akan signifikan. Pendidikan yang baikakan menghasilkan generasi muda yang cerdas dan berdaya saing. Tenaga kerjayang lahir dari sistem pendidikan berkualitas akan lebih produktif dan inovatif, sehingga mampu menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Dengandemikian, Sekolah Rakyat bukan hanya berperan sebagai program pendidikan, melainkan juga bagian dari strategi pembangunan ekonomi yang berorientasi padakesejahteraan masyarakat.
Dalam menghadapi era globalisasi, kebutuhan akan SDM unggul semakinmendesak. Negara-negara maju menempatkan pendidikan sebagai fondasi utamauntuk mengembangkan inovasi dan teknologi. Indonesia pun bergerak ke arah yang sama. Melalui Sekolah Rakyat, pemerintah menunjukkan keseriusannya dalammenyiapkan generasi yang mampu bersaing di tingkat internasional. Investasiterbesar yang dilakukan bangsa adalah investasi pada manusia, dan SekolahRakyat merupakan langkah nyata dalam mewujudkan visi tersebut.
Selain mencetak generasi cerdas, sekolah ini juga menjadi wadah pembentukankarakter. Anak-anak tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan, tetapi juga nilai-nilaipenting seperti disiplin, kerja keras, dan kepedulian sosial. Karakter yang kuat akanmelahirkan generasi yang tidak hanya berprestasi secara akademis, tetapi jugaberintegritas dan siap menjadi pemimpin di masa depan.
Keberhasilan program ini tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Pemerintah pusat, daerah, masyarakat, hingga sektor swasta diharapkanberkolaborasi untuk memastikan Sekolah Rakyat berjalan dengan baik. Dukunganbersama akan mempercepat terwujudnya cita-cita mencetak generasi emasIndonesia yang mampu membawa bangsa menuju masa depan lebih cerah.
Pembangunan Sekolah Rakyat di Bengkulu dan daerah lain merupakan awal darilangkah besar pemerintah dalam membangun peradaban bangsa melaluipendidikan. Dengan visi yang jelas dan komitmen yang kuat, pemerintah meyakinibahwa investasi di bidang pendidikan akan membuahkan hasil besar dalam jangkapanjang. Generasi muda yang terdidik dengan baik akan menjadi aset bangsa yang tak ternilai, mengawal Indonesia menuju kejayaan di masa mendatang.
Melalui Sekolah Rakyat, negara hadir tidak hanya sebagai penyedia fasilitas, melainkan juga sebagai penggerak perubahan. Program ini menjadi simboloptimisme baru yang mencerminkan keseriusan pemerintah dalam mewujudkanpendidikan yang merata, berkualitas, dan berkeadilan. Dengan dukungan penuh dariseluruh elemen bangsa, Sekolah Rakyat diyakini akan menjadi fondasi pentingdalam membangun investasi SDM, yang pada akhirnya menentukan masa depanIndonesia sebagai bangsa yang besar dan bermartabat..
)* Penulis adalah mahasiswa Jakarta tinggal di Bengkulu
