Minum Susu Setelah Minum Obat, Apakah Boleh?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Minum susu setelah minum obat dipercaya bisa mengurangi efek samping obat. Namun, ada obat-obatan tertentu justru menimbulkan efek buruk jika konsumsinya bersamaan dengan susu.

Pada umumnya, obat mengandung zat tertentu. Hal ini dapat menimbulkan efek interaksi obat jika konsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain, suplemen, atau makanan dan minuman tertentu. Termasuk susu.

Efek yang terjadi

Dilansir Alodokter.com ketidaktahuan kandungan obat bisa menimbulkan beberapa efek antara lain:

  1. Membuat kerja obat meningkat atau justru menjadi tidak maksimal
  2. Mengakibatkan efek samping obat lebih ringan atau justru menjadi lebih buruk, bahkan kadang dapat juga menimbulkan efek samping baru
  3. Mengganggu penyerapan obat, metabolisme obat di dalam tubuh, atau pengeluaran obat dari dalam tubuh

Minum susu setelah minum obat akan aman untuk obat-obat tertentu. Bahkan, dapat membantu penyerapan obat dan mengurangi gangguan pencernaan akibat efek samping obat. Seperti mual, muntah, iritasi pada saluran pencernaan  atau nyeri perut.

Sedangkan untuk jenis obat lainnya, minum susu setelah minum obat sangat tidaklah dianjurkan. Hal ini karena bahan yang terkandung di dalam susu dapat menghambat kerja obat tersebut.

Mengutip Alodokter.com, berikut ini adalah penjelasan mengenai obat-obatan yang tidak boleh dikonsumsi dengan susu:

  • Antibiotik tetrasiklin dan golongan kuinolon merupakan contoh obat yang tidak disarankan untuk dikonsumsi dengan susu. Hal ini dikarenakan kalsium dalam susu mengikat zat aktif yang mengakibatkan kerja obat menjadi tidak maksimal.
  • Obat antikanker dan suplemen zat besi pun tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan susu. Pasalnya, mengonsumsi susu berpotensi besar membuat obat antikanker dan suplemen zat besi tidak berfungsi maksimal.

Reporter: Azzura Tunisya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini