Home Cuitan MI Menelisik Sejarah Pasar Gembrong yang Jadi Surganya Mainan Anak-anak

Menelisik Sejarah Pasar Gembrong yang Jadi Surganya Mainan Anak-anak

0
386
Pasar Gembrong

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pasar Gembrong, pasti kamu sudah gak asing lagi dengan tempat ini. Yap, di wilayah ini dijual berbagai mainan lengkap hingga alat tulis sekolah.

Minggu malam pasar tersebut mengalami kebakaran, namun sampai saat ini penyebab dan berapa kerugian yang diderita juga belum terungkap. Nah, seperti apa sejarahnya pasar gembrong itu berdiri?

Pasar Gembrong sudah ada sejak 1960-an, letaknya di Jalan Jendral Basuki Rachmat. Tidak jauh dari terminal Kampung Melayu, Jakarta. Awalnya warga di sana menjual sayur mayur dan sebagainya. Namun setelah kerusuhan 1998 warga mulai berdagang mainan.

Pasca kerusuhan, para pedagang yang berjualan di wilayah tersebut sebagian kembali mengadu nasib, dan pedagang dari luarpun turut mengadu peruntungan dengan berjualan berbagai jenis barang mulai dari mainan dan alat tulis.

Banyaknya pedagang yang berjualan di pasar traditional yang kini bernama gembrong membuat perputaran penjualan di lokasi tersebut juga melayani pembelian secara grosir. Hingga pasar ini semakin ramai didatangi para pengunjung.

Nama Pasar Gembrong ditengarai diambil karena suasana pasar yang kerap ramai. Dalam bahasa sunda, gembrong memiliki arti dikerumuni.
Akibat ramainya transaksi di pasar ini menyebabkan kemacetan di sepanjang jalan Jenderal Basuki Rahmat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun merelokasi sebagian pedagang ke bangunan baru bernama Pasar Gembrong Cipinang Besar tak jauh dari lokasi lama. Akan tetapi tetap ada, pedagang yang memutuskan berjualan di pinggir jalan.

Pasar Gembrong memang bukan satu-satunya pusat mainan di Jakarta, akan tetapi, pasar ini menjadi incaran karena harganya produknya yang lebih murah. Terutama berkat mainan impor asal Cina.

Pasar Gembrong menjadi salah satu destinasi belanja mainan anak di DKI Jakarta. Meskipun terkenal dengan mainan impor, namun pasar ini juga menyediakan mainan lokal yang berkualitas.

Ketika musim liburan dan Lebaran, banyak anak-anak datang bersama orang tua mereka untuk membeli mainan di pasar yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Jakarta Timur ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here