Mau Punya Usaha Barbershop? Coba Ikuti Tips Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki usaha sendiri susah-susah gampang, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Kamu bisa mencoba tips dari salah satu entrepeneur, Kiki Anugraha.

Di saat pandemi Covid-19, banyak usaha yang gulung tikar, terutama di masa pemberlakukan PSBB, PPKM, PPKM Darurat hingga PPKM level 2-4.

Meski demikian, bukan berarti kalian tak bisa menjadi entrepreneur di saat pandemi. Dengan beberapa tips yang diberikan Kiki, mungkin kami bisa mencobanya, terutama yang berminat buka usaha cukur rambut untuk pria atau barbershop.

Saat ini Kiki memiliki beberapa lini usaha, mulai dari barbershop, vape (rokok elektrik), towing, produksi body kit, dan EO (Event Organizer). Pria berusia 39 tahun menceritakan awal mulanya memutuskan menjadi entrepreneur.

“Awal mulanya saya jadi karyawan lebih dulu. Lulus kuliah ekonomi manajemen. Kemudian jadi karyawan. Cukup lama saya proses pembelajaran. Di tahun 2015 memberanikan diri buka usaha sendiri. Di situ ada 1000 pertanyaan, saya mampu nggak ya jadi pengusaha?” cerita Kiki, kepada Mata Milenial Indonesia TV.

“Awal mulanya saya usaha vape. Kemudian barbershop. Jadi sebenarnya usaha ini barengan, cuma beda lantai. Sempat ragu juga, karena pas jadi karyawan ada gaji pokok, penghasilan tetap per bulan. Jadi itu dia, sempat ada 1000 pertanyaan dalam diri,” ujarnya.

Kiki membeberkan alasan memilih berhenti menjadi karyawan dan memulai usaha sendiri. Selain sisi finansial, menjadi entrepreneur bisa punya waktu lebih banyak dengan keluarga.

“Jadi karyawan saya juga happy, tapi makin hari, makin tahun, otomatis jabatan semakin tingi dan pasti pulang ke rumah makin jarang. Saya juga punya dream berbeda. Saya ingin mempunyai usaha sendiri. Jadi, usaha saya ini berdua dengan kawan,” ucapnya.

Sejauh ini Kiki sudah memiliki empat usaha barbershop yang dinamai JBS itu. Rencananya akan dibuka tiga cabang lagi. Salah satu tantangan berat yang dirasakan Kiki dalam usaha JBS adalah, bisa sejalan dan satu arah dengan karyawan dan itu dibutuhkan waktu. Tapi, seiring waktu, semua bisa diatasi.

Kiki juga membagikan tips bagi mereka yang ingin mulai menjadi pengusaha dengan membuka bisnis sendiri. Salah satunya adalah, belajar dari karyawan lebih dulu.

Untuk tips selengkapnya, bisa disaksikan di channel YouTube Mata Milienal Indonesia TV berikut ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini