Mau Coba Nggak Gaes, Bisnis Tanaman Hias Punya Prospek Bagus Lho

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di saat pandemi, mungkin kalian bingung mau coba bisnis seperti apa. Bagaimana jika mencoba bisnis tanaman hias?

Di tengah pandemi, bisnis tanaman hias bisa dikatakan naik daun. Imbauan untuk di rumah saja membuat kegiatan mengurus tanaman menjadi salah satu yang dipilih kebanyakan orang dalam mengisi waktu luang.

Salah satu bisnis tanaman hias yang sedang naik daun adalah Unique Pot. Di tempat ini kalian bisa mencari berbagai jenis tanaman hias yang unik dan langka.

Muhammad Musa, sebagai pemilik usaha ini, mengaku bisnisnya mulai meningkat di masa pandemi atau tepatnya sejak 2020.

“Unique Pot ini adalah farming. Ada beberapa divisi, tapi fokus utama kita jualan tanaman hias. Kemudian pengembangannya kita mulai jualan pot, asesoris-asesoris yang dibutuhkan untuk tanaman, dan lainnya,” ujar Musa.

“Unique Pot berdiri sudah sekitar tiga tahun, cuma booming-nya sejak masa pandemi kurang lebih satu tahun,” katanya.

Uniknya, latar belakang pendidikan Musa adalah dunia kesehatan. Tapi, hal itu tak mencegahnya terjun ke dunia bisnis yang berhubungan dengan tanaman.

“Background pendidikan kesehatan, justru pendidikan saya nggak berhubungan dengan apa yang saya lakukan sekarang, karena saat kuliah saya ambil jurusan dunia kesehatan. Setelah kuliah langsung fokus di bidang wirausaha,” ujarnya.

Tak seperti kebanyakan orang, Musa berpikir membuka bisnis usai kuliah alih-alih mencari pekerjaan. Dia punya alasan tersendiri kenapa memilih menjadi entrepreneur.

“Sebenarnya lebih ke kenyamanan, karena setelah dicari passion-nya apa, ternyata passion-nya lebih ke wiraswasta, senang membangun bisnis, mengelola karyawan, senang bertemu banyak orang baru,” ungkapnya.

Tanaman hias bukan bisnis utama Musa. Sebelum pandemi, dia membuka usaha travel. Tapi, usahanya tutup.

“Bisnis utama sebenarnya travel umrah, tapi sejak pandemi tutup. Akhirnya saya bantu usaha keluarga di Unique Pot ini,” katanya.

Ada banyak jenis tanaman hias yang dijual di Unique Pot. Mulai dari yang murah dan mahal.

“Untuk range harga, ada tanaman yang masih baby gitu hargnya 20 ribu Rupiah. Yang paling mahal ada tanaman jenis langka sampai puluhan juta Rupiah,” ucapnya.

Musa juga memberikan tips bagai anak milenial yang ingin membuka usaha sendiri. Ingin tahu? Simak video selengkapnya di bawah ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini