Home Cuitan MI Inilah Musisi dari Australia dengan Rasa Internasional

Inilah Musisi dari Australia dengan Rasa Internasional

0
1456

MATA INDONESIA, SYDNEY – Kiblat musik dunia biasanya hanya terpaku kepada Amerika Serikat dan Inggris. Meski sekarang muncul fenomena Korea sebagai pengusung tren musik dunia, namun jangan lupakan Australia.

Benua ini sudah lama menghasilkan musisi-musisi terkenal dengan kelas Internasional. Sebut saja AC/DC, Air Supply, Bee Gees atau kakak beradik Kylie Minogue dan Dannii.

Selain AC/DC yang sudah menjadi legenda musik Rock, berikut ini musisi-musisi asal Australia yang juga melegenda

Air Supply

Salah satu grup band yang mencapai masa kejayaannya di tahun 80-an adalah duo soft rock asal Australia yaitu Air Supply. Graham Russell dan Russell Hitchcock membentuk band ini di tahun 1975 ketika keduanya menjadi bagian dari sebuah pertunjukan musikal Andrew Lloyd Webber dan Tim Rice. Dengan Russel Hitchcock pada vocal dan Graham Russel pada gitar, bersama dengan beberapa personil lainnya, mereka membentuk Air Supply di Melbourne, Australia. Pada rentang tahun 1980-1990, Air Supply merilis beberapa album diantaranya ‘The One That You Love’, ‘Now and Forever’, ‘Air Supply’ dan ‘Hearts in Motion’. Bahkan di tahun 1983, mereka meluncurkan album Greatest Hits dengan single ‘Making Love Out Of Nothing At All” yang merupakan salah satu hit terbaik Air Supply. Albumnya pun terjual sebanyak lebih dari 7 juta copy. Lagu terbaik Air Supply yang dikenal oleh masyarakat adalah ‘All Out Of Love’ dan ‘Goodbye’.

Jet

Berasal dari kota Melbourne. Berdiri tahun 2001 terdiri dari empat orang Cameron Muncey (gitar dan vokal) Nic Cester (gitar dan vokal) Chris Cester (drum) dan Mark Wilson (bass). Berdiri pada 2001, band beraliran alternatif rock itu memulai debut album pada 2003 lewat ‘Get Born’. Single perdana mereka ‘Are You Gonna Be My Girl’ langsung melejit dan berhasil mencatat angka penjualan album 3,5 juta kopi di dunia. Namun, pada 2012 mereka menyatakan mundur diri dari industri musik. Hingga pada 7 Juli 2017 mereka kembali lagi dengan lagu barunya. Sebuah kolaborasi dengan grup Italia bernama Bloody Beetroots. Dua lagu sekaligus yang mereka rilis. Pertama berjudul “My Name is Thunder” yang kental banget dengan nuansa EDM. Sementara single keduanya tetap bernuansa klasic rock.

Tame Impala

Banyak orang yang mengira Tame Impala adalah sebuah grup musik atau band. Nyatanya hal ini dibantah oleh salah satu anggota dari Tame Impala, yaitu Kevin Parker.

Kevin mengatakan anggapan kalau Tame Impala merupakan sebuah band adalah salah paham. Mereka adalah musisi-musisi independen yang tergabung dalam satu komunitas yang membuat musik psychedelic. Band asal Australia pada 2007 ini mulai terkenal dan mendapatkan banyak pendengar lewat album studio perdana yang bertajuk “Innerspeaker”.

Album tersebut tercatat sebagai salah satu album terbaik sepanjang dekade versi majalah musik, Pitchfork. Tak hanya itu, album yang berisi 11 lagu tersebut juga pernah berada di posisi empat teratas pada tangga lagu the ARIA Albums.

Bee Gees

Band asal Australia yang menampilkan tuga bersaudara Barry, Robin dan Maurice Gibb merupakan artis musik populer di akhir 1960-an dan awal 1970-an. Bee Gees pun menjadi band terkemuka di era musik disko pada pertengahan hingga akhir 1970-an. Puncak kejayaan pertama berlangsung dari akhir tahun 1960-an hingga awal tahun 1970-an sebagai trio yang membawakan lagu-lagu “soft rock” yang harmonis. Puncak kejayaan yang kedua berlangsung pada akhir tahun 1970-an sebagai band beraliran disko. Sepanjang lima dekade karier mereka, Bee Gees paling sedikit memiliki satu lagu per dekade yang sampai di urutan Top 10 Amerika Serikat: “I’ve Gotta Get A Message To You”, “I Started A Joke” (1960-an), “Nights On Broadway”, “How Deep Is Your Love”, “Stayin’ Alive” (1970-an), “One” (1980-an), “Alone” (1990-an), dan “This Is Where I Came In” (2000-an).

Gang of Youths

Gang of Youths adalah grup rock alternatif yang terdiri dari penulis lagu utama David Le’aupepe (vokal, gitar), Max Dunn (gitar bass), Jung Kim (gitar utama, keyboard), Donnie Borzestowski (drum), dan Tom Hobden (biola, keyboard, gitar).

Kim adalah orang Korea-Amerika, Dunn dari Selandia Baru, Borzestowski adalah orang Polandia-Australia, Hobden adalah orang Inggris, sedangkan Le’aupepe adalah keturunan Samoa dan Austria-Yahudi. Mereka lebih dikenal dengan single mereka Let Me Down Easy yang rilis tahun 2017 dan menjadi single top 50 pertama mereka di Australia. Album debut mereka, The Positions, memuncak di No. 5 di ARIA Albums Chart pada Mei 2015 dan dinominasikan untuk beberapa ARIA Awards.

Band asal Sydney, Australia ini sekarang berbasis di London. Mereka itu kembali tahun lalu dengan EP mereka Total Serene. Gang of Youths sendiri merilis album studio ketiga mereka, Angel In Realtime pada 25 Februari 2022.

Keith Urban

Nama Keith Urban selalu terkait dengan aktris Nicole Kidman. Maklum, Keith adalah suami aktris seksi asal Australia. Musisi country yang lahir di Selandia Baru tahun 1967 itu telah tampil di dunia musik Australia sejak usia 10 tahun. Ia kemudian ke Queensland bersama keluarganya pada usia 17 tahun.

Pada tahun 1990 Keith Urban menandatangani kontrak dengan EMI di Australia, sebelum pindah ke Nashville, Tennessee dua tahun kemudian. Ia memperluas kariernya dari penyanyi musik country menjadi penulis lagu, musisi, gitaris, juri acara TV, dan produser rekaman. Terkenal dengan lagu-lagunya Somebody Like You (2002) dan Wasted Time (2016) yang lebih baru, Urban muncul di The Voice Australia pada 2011, American Idol 2012 dan 2013 dan kembali untuk musim perpisahan akhir tahun 2016.

Kylie Minogue

Tak ada yang meragukan Kylie Minogue. Pemerintah Australia malah menjadikan penyanyi serba bisa ini untuk menjadi ikon pariwisata. Kylie adalah penyanyi, penulis lagu dan aktris Australia. Ia mulai terkenal pada akhir tahun 1980-an karena perannya dalam sinetron Neighbours, sebelum ia berkarier sebagai penyanyi pop.

Dikontrak oleh kelompok produser dan penulis lagu Stock Aitken & Waterman (SAW) dari Britania Raya, penyanyi bertinggi 155 cm ini meraih sukses lagu hit di seluruh dunia.

Pada tahun 2000, ia kembali terkenal sebagai musisi dance/pop dan melalui video klipnya yang provokatif dan konser-konsernya yang megah. Minogue telah menancapkan karier sebagai salah satu penghibur paling awet dan berhasil di dunia musik pop saat ini. Ia elah menjadi salah satu selebriti dan simbol seks paling terkenal.

Ia juga telah diakui untuk pencapaiannya; memegang rekor untuk penjualan tiket terbanyak untuk konser artis wanita, dan satu-satunya penghibur wanita yang memiliki sembilan single di puncak tangga lagu Australia. Ia kini telah menjual lebih dari 60 juta rekaman.

Natalie Imbruglia

Lahir di Sydney pada 1975, Natalie Imbruglia meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun untuk mengejar karier akting. Bermain sebagai Beth Brennan di opera sabun Australia Tetangga. Setelah beberapa tahun, Imbruglia pindah ke London pada tahun 1994, meluncurkan karir menyanyinya dengan cover hit-nya Torn. Menjadi single internasional pertamanya, Torn (1997) menjual lebih dari satu juta kopi di Inggris saja. Penyanyi dan penulis lagu, model dan aktris telah muncul di The X Factor versi Australia dan Inggris. Ia juga banyak memenangkan banyak penghargaan sejak tahun 1998. Sayangnya pada 2013, Imbruglia memilih menjadi warga negara Inggris.

Reporter: Fadila Aliah Hakim

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here