Inilah Beberapa Fakta Unik Soal Smurf

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak kenal dengan Smurf? Makhluk kecil yang digemari oleh anak-anak kini sudah berusian 63 tahun. Komik yang dirilis pada 23 Oktober 1958 ini dirilis oleh Pierre Culliford atau yang lebih dikenal dengan Peyo asal Belgia.

Ciri khas Smurf dengan warna biru, tubuh mini, dan hidup di dalam rumah berbentuk jamur selalu terlintas di pikiran para penggemarnya. Sekarang ini Smurf bukan hanya ada dalam bentuk komik saja melainkan pula diadaptasi berupa animasi, juga menjadi film layar lebar produksi Hollywood.

Mahluk lucu ini juga sudah banyak ditemui dalam tampilan mainan, pernak-pernik, hingga game.

Dalam komik Smurf biasanya memiliki ciri-ciri yaitu penggantian salah satu kata dari sebuah kalimat menjadi kata “Smurf” terutama dalam dialog karakternya.

Untuk mengingat lebih jauh mengenai mahluk komik ini, ada enam hal yang mungkin tidak diketahui mengenai Smurf :

Hasil Percakapan Konyol

Smurf berawal dari percakapan antara sang penulis Peyo dengan temannya, Andre Fraquins ketika sedang makan malam. Ketika itu Peyo lupa sebutan untuk nama garam.

Peyo menyebut nama garam dengan sebutan schtroumpf. Schtroumpf dalam bahasa Prancis merupakan makhluk. Karena hal itu nama Smurf lah yang dipilih untuk tokoh tersebut.

Smurf
Smurf

Terdapat Banyak Sifat dan Karakter 

Awalnya Smurf hanya ada 99, namun seiring berkembangnya serial itu smurf terus bertambah hingga jumlahnya menjadi 105.

Karakter yang paling terkenal dalam Smurf yaitu Papa Smurf dan Smurfette. Papa Smurf dikenal sebagai seorang pemimpin yang mengenakkan pakaian merah dan berjanggut putih. Kemudian Smurfette dikenal sebagai satu-satunya perempuan.

Berasal dari Belgia, namun Populer di Amerika

Smurf merupakan komik yang berasal dari Belgia, namun mulai terkenal di berbagai negara sejak Amerika menampilkan serial animasinya pada 1980-an.

Sejak saat itulah Smurf mulai terkenal di berbagai belahan dunia, bshkan beberapa penonton mengira serial ini berasal dari Amerika. Padahal penulis Peyo telah menulis serial ini pada 1958 di Belgia.

Spin Off

Smurf awalnya tak hadir dalam komik tersendiri melainkan mengisahkan dalam serial komik lain yaitu dalam serial komik Johan and Peewit. Namun sejak keluar dalam serial komik Johan and Peewit, hasil popularitas Smurf lebih tinggi, bahkan melebihi popularitas Johan and Peewit.

Berubah Menjadi Ungu Ketika Tak Bisa Bernapas

Ketika menahan napas, tubuhnya akan berubah menjadi ungu. Hal tersebut karena salah satu Smurf terinfeksi penyakit yang membuat penyakit itu menyebar.

Rambut Smurfette Awalnya Berwarna Hitam

Sebenarnya Smurfette diciptakan penyihir jahat, Gargamel yang ditugaskan untuk memikat para Smurf. Smurfette diciptakan oleh penyihir jahat itu dengan rambut berwarna hitam.

Namun Papa Smurf mengucapkan sebuah mantra yang membuat rambut Smurfette menjadi warna pirang dan mengubah Smurfette menjadi baik. Smurfette menjadi bunga cinta hampir setiap Smurf.

Smurf terbilang memiliki ketenaran yang cukup lama, hal itu diketahu karena sejak 1958-2017 menjadi ikon yang paling ditunggu. Terbukti pada 2017 film-film Smurf masih diproduksi. Jalan cerita yang bergenre petualangan ini menjadikan Smurf menjadi salah satu tontonan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Reporter : Indah Suci Raudlah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini