Ini Hasil Pemilu 2019 di KBRI Lisabon

Baca Juga

MINEWS, LISABON – Beberapa kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menggelar pencoblosan surat suara Pemilu 2019. Salah satunya di KBRI Lisabon, Portugal yang memfasilitasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Luar Negeri pada Pemilu Serentak 2019, Sabtu 13 April 2019.

Pensosbud KBRI Lisabon Andre Nurvily menyebutkan, pemungutan suara diselenggarakan dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 waktu setempat. “Antusiasme terlihat dari sekitar tujuh puluh orang WNI yang hadir di TPS untuk mencoblos,” kata Andre di Lisabon, Minggu 14 April 2019.

Tercatat, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Portugal berjumlah 232 orang WNI. Andre menambahkan bahwa Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Portugal juga menyelenggarakan pemungutan suara dengan Kotak Suara Keliling (KSK) di Kota Póvoa de Varzim, sekitar 4 jam perjalanan darat dari Lisabon.

Tidak hanya itu, WNI di Portugal juga dimudahkan dengan fasilitas untuk mencoblos melalui pos jika tidak dapat hadir di TPS atau pun KSK. “Siapa pun Presiden Indonesia, kita semua harus tetap bersatu,” ujar Noor Jannah, seorang WNI yang tinggal di Portugal selama 33 tahun.

Bagi wanita yang tinggal di Kota Algarve tersebut, hasil pemilu kali ini diharapkan dapat memajukan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia. Noor Jannah harus menempuh perjalanan sekitar tiga jam untuk dapat mencoblos di TPLN Lisabon.

Sementara Bartholomeus Leon Santoso, pelajar sekolah pilot di Kota Ponte de Sor mengaku, terkesan dengan pelaksanaan pemilu di luar negeri ini. Pemilu kali ini merupakan pengalaman pertama Leon untuk mencoblos di luar negeri. Bersama komunitas pelajar pilot Indonesia di Ponte de Sor, Leon menempuh perjalanan dua jam untuk mencoblos di Lisabon.

Setelah pencoblosan hari ini, PPLN di Portugal akan melakukan penghitungan suara pada tanggal 17 April mendatang, mengikuti penghitungan suara di Indonesia. Hal ini juga akan dilakukan oleh semua PPLN di seluruh dunia.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini