Harga Puluhan Hingga Miliaran Rupiah, Masih Sanggup Miliki Kucing Ini?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Biasanya sosialita dan selebritis banyak memelihara kucing. Namun bukan sembarang kucing yang mereka pelihara. Kucing-kucing ini istimewa. Biaya perawatan dan makan kucing peliharaan mereka pun di atas rata-rata gaji UMR. Tak heran, harga kucingnya pun di atas rata-rata.

Jenis kucing apa yang biasanya mereka pelihara? dan berapa harganya?

  1. Scottish Fold – Rp 4,7 Juta

Kucing ini pertama kali ada di sebuah peternakan di wilayah Tayside di Skotlandia pada tahun 1961. Seorang gembala bernama William Ross menemukan jenis kucing yang menarik ini.

Ciri khas Kucing Scottish Fold adalah telinga fleksibel yang melipat ke bawah dan ke depan mirip seperti beruang teddy, burung hantu, atau bahkan peri. Telinga yang terlipat ciri khasnya ini adalah hasil dari gen dominan yang memengaruhi tulang rawan di seluruh tubuh kucing.

Scottish Fold umumnya menampilkan penampilan yang tampak sedih atau murung karena matanya yang besar dan wajahnya yang kecil. Tetapi kepribadian mereka sebaliknya yaitu bahagia dan energik, mudah bersosialisasi dan manja

  1. Persia – Rp 78,7 Juta

Kucing Persia telah ada sejak ratusan tahun sebelum Masehi. Mereka terkenal karena wajah cantik dan jutek serta bulu panjang yang mewah dan indah.

Selain itu, mereka memiliki kepribadian yang lembut dan manis dan dapat dengan mudah beradaptasi. Kucing Persia sangat aktif dan senang bermain, mata mereka yang ekspresif memberi mereka penampilan yang lucu dan menyenangkan.

Tapi memelihara kucing ini memerlukan perawatan yang rumit dan menyeluruh karena bulu mereka yang panjang dan rentan terhadap bola rambut dan kusut. Kucing Persia menikmati menunjukkan kasih sayang dan pelukan, tetapi tidak terlalu vokal.

  1. Allerca Hypoallergenic Cat – Rp 86 Juta

Kucing Allerca Hypoallergenic merupakan hewan yang tidak memiliki gen penyebab alergi pada manusia. Jenis kucing ini lahir dari hasil penelitian Lifestyle Pets. Para peneliti menghapus atau menonaktifkan gen penyebab alergi itu. Program pengembangbiakan spesialis yang terlibat dalam pembuatan kucing-kucing inilah yang membuat harga kucing ini bisa semahal itu. Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang yang alergi terhadap kucing tetapi bisa menjadi pemilik kucing tanpa takut terkena alergi dari protein yang ada pada bulu kucing.

  1. Bengal ­- Rp 356 juta
Kucing bengal (Pinterest/@Kristin)

Kucing Bengal memiliki penampilan liar dan eksotis. Trah ini terkenal karena mantelnya yang terlihat unik seperti macan tutul dan tubuhnya yang berotot.

Kucing Bengal memiliki sejarah dari tahun 1970-an ketika kucing macan Asia liar dikawinkan dengan shorthair domestik yang membuat ras ini menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan karena aktif dan pintar.

Karena asal-usulnya yang liar, ukuran Bengal jauh lebih besar dibandingkan dengan kucing peliharaan lainnya. Dari segi kepribadian Bengal adalah kucing yang penyayang, ramah terhadap anak kecil dan hewan peliharaan lain seperti anjing, mudah bersosialiasasi. Selain itu, mereka energik dan sangat menyenangkan.

  1. Savannah – Rp 713 juta
Kucing Savannah salah satu dari ras kucing terbesar didunia tingkahnya yang sangat aktif membuat kucing ini mencapai harga sekitar Rp.210 juta hingga Rp.490 juta. (Instagram @kronosthesavannah .)

Merupakan ras hasil dari perkawinan silang kucing liar Afrika dan kucing Persia domestik.

Savannah pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986 oleh peternak Bengal, Judee Frank. Trah ini segera menjadi populer. Seperti anjing, kucing Savannah sangat loyal. Mereka bisa ramah dan mudah bersosialisasi dengan hewan peliharaan lain dan orang asing. Jika latihan pada usia dini, kucing ini akan sangat loyal kepada tuannya.

Apalagi Savannah tidak terbiasa dengan orang asing. Ia akan mulai menggeram dan mendesis.  Kucing ini kuat dan gesit dan dapat dengan mudah melompat ke lemari tinggi, lemari es, dan atas pintu. Selain itu, mereka pintar, penasaran, suka main-main, dan aktif, dan butuh banyak latihan.

  1. Ashera – Rp 1,78 miliar
Kucing Ashera kucing ini dikenal sebagai kucing macan asia kucing ini menjadi yang paling langka didunia karena kecerdasan dan kesetiaanya harga kucing ashera ini mencapai Rp.280 juta hingga Rp1,4 miliar. (Instagram @obatkutukucingfluffys .)

Kucing ini merupakan ras langka karena memproduksi 5 anak setiap tahun. Jadi, jika kamu ingin membeli satu, kamu akan menjadi di antara sedikit pemilik jenis kucing yang menakjubkan ini.

Untuk urusan penampilan, Ashera menyerupai macan tutul salju dalam pola bulunya. Tetapi perilaku dan wataknya mirip dengan kucing Savannah.

Bahkan banyak pendapat bahwa kucing Ashera hanyalah kucing Savannah F1 (upgrade version).  Trah eksotis ini adalah hasil rekayasa genetika perkawinan silang dari kucing macan tutul Asia dengan kucing rumahan dan serval Afrika.

Dari segi kepribadian, Ashera adaah tipe kucing yang setia, penuh kasih sayang, dan sangat cerdas.  Terlepas dari kontroversi tentang genetika, Ashera adalah kucing peliharaan yang paling berharga di dunia.

Harga yang fantastis mungkin bukanlah persoalan bagi pecinta kucing ras yang fanatik. Jika kamu berkesempatan untuk memilikinya, kucing apa nih yang menjadi favorit mu?

Reporter: Fadila Aliah Hakim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini