Dalam Islam, Pemanggilan Arwah Adalah Bohong

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berita kematian artis Vanessa Angel hingga saat ini menjadi berita yang ramai. Banyak pihak yang merasa kehilangan, mendoakan, namun ada pula pihak yang sengaja memanfaatkan situasi ini untuk menjadi viral.

Seperti kasus ‘pemanggilan arwah’ Vanessa Angel oleh dua Youtuber konten mistis bernama Ki Soleh Pet dan Baks 888. Mereka mengaku sebagai paranormal. Dalam video di kanal YouTubenya pada 5 November 2021, dua orang tersebut berada di dalam mobil dan mengenakan pakaian serba hitam.

Kemudian keduanya memulai aksi ‘pemanggilan arwah’ melalui alat pendeteksi suara yang mirip dengan radio. Dari alat tersebut, terdengar suara-suara janggal yang mirip suara mobil kecelakaan. Setelah itu terdengar teriakan wanita meminta tolong dan suara ambulans. Mereka menduga bahwa suara ini adalah suara arwah Vanessa Angel.

Sementara menurut hukum Islam, ritual pemanggilan arwah adalah sebuah kebohongan belaka. Arwah orang yang sudah meninggal sejatinya ada di  alam barzakh hingga datangnya hari kiamat.

Ini berarti bahwa arwah orang yang sudah meninggal tidak akan bisa berinteraksi dengan orang yang masih hidup. Meskipun interaksi tersebut melalui berbagai ritual.

Dalam QS. Az-Zumar 39:42, Allah SWT berfirman:

اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematiannya dan (memegang) nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur. Maka Dia menahan nyawa (seseorang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi kaum yang berpikir.”

Dari penjelasan ayat di atas, Allah SWT memegang arwah makluk-Nya yang masih hidup di kala tidur. Arwah tersebut akan keluar sesaat dari jasadnya. Hal ini memungkinkan mereka dapat bertemu dengan arwah orang yang sudah meninggal, bahkan dapat berinteraksi.

Lalu Allah SWT akan mengembalikan arwah orang yang masih hidup untuk kembali ke jasadnya sehingga manusia tersebut terbangun dari tidurnya, dan menahan arwah orang yang sudah meninggal.

Ini artinya, interaksi antara orang yang masih hidup dengan arwah orang yang sudah meninggal hanya dapat terjadi melalui mimpi. Sehingga kesimpulannya, klaim-klaim dari tokoh-tokoh spiritual atau paranormal yang mengaku berinteraksi dengan arwah tidaklah benar. Hal tersebut hanyalah kebatilan dan trik untuk mencari uang yang berujung pada rusaknya aqidah kaum muslimin.

Mereka tidak akan mampu berinteraksi dengan arwah yang sudah meninggal, karena segala perkara di alam semesta termasuk alam gaib milik Allah SWT. Tidak ada satu pun makhluk-Nya yang mengetahui perkara ini. Segalanya berada di bawah hukum dan kekuasaan Allah SWT.

Jika pun memang mereka dapat melakukannya, itu bukanlah arwah orang yang sudah meninggal. Melainkan jin qarin. Mahluk ini senantiasa mendampingi perjalanan hidup manusia. Sejak manusia itu lahir hingga ia meninggal dunia. Jin tersebut mengetahui dengan detail kisah-kisah hidup manusia tersebut.

Jadi sebenarnya Jin lah yang berinteraksi dengan paranormal seakan-akan ia adalah arwah dari orang yang sudah meninggal. Jin qarin menyamar sebagai arwah tersebut untuk menipu manusia. Dan paranormal akan menyangka bahwa jin tersebut benar-benar arwah dari orang yang sudah meninggal.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini