Banyak Ular Masuk Ke Rumah Warga, Ini Penyebabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nadia kaget saat ia dan keluarganya sampai ke rumah pulang dari mudik ke kampungnya. Warga Depok ini mendapati dua ekor ular phyton warna hitam ada di taman di dalam rumahnya. Ular itu hanya bisa mendesis dan masuk ke lobang tanah ketika Nadia dan keluarganya berteriak dengan keras.

Fenomena ular masuk ke rumah sekarang ini kembali marak setelah hujan terus menerus turun di beberapa wilayah di Tanah Air.  Ahli Hepertologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amir Hamidy menjelaskan fenomena munculnya ular ke rumah di musim hujan merupakan hal yang wajar. Sebab, musim hujan memang waktunya anak ular lahir. Tak hanya itu ular suka tempat yang lembab.

Alasan ular masuk ke rumah adalah karena mereka menemukan lingkungan yang cocok untuk tinggal.

Hal-hal yang membuat ular nyaman harus dihindari.

  • Tumpukan barang merupakan salah satu tempat favorit ular. Karena ular senang dengan kondisi gelap dan lembap terlebih di sudut-sudut ruangan.
  • Rumah yang jarang bersih juga menjadi salah satu alasan ular masuk ke rumah. Ular sangat sensitif dengan bau yang tajam seperti bau dari pewangi atau pembersih lantai. Sehingga rutin membersihkan rumah dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah ular masuk ke rumah.
  • Ada sumber makanan. Tikus merupakan salah satu sumber makanan ular yang ada di wilayah pemukiman. Sehingga adanya tikus di lingkungan rumah akan memancing ular untuk masuk ke sana. Sebaliknya, rumah yang terbebas dari tikus kemungkinan besar tidak akan dimasuki ular.
  • Salah satu alasan ular masuk ke rumah adalah tersedianya akses masuk dari habitat ular ke rumah. Akses tersebut bisa melalui saluran air atau celah-celah yang ada di rumah.

Reporter : Adinda Catelina Fadjrin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini