Banyak Daerah di Jawa Barat Berawalan Ci, Kenapa Ya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Cibodas, Cianjur, Cibeureum, Cihanjuang, Cihideung, Cipanas, merupakan daerah-daerah di Jawa Barat. Tidakkah hal itu terdengar unik? Sebab, semua daerah di atas diawali dengan istilah ‘Ci’.

Mengapa banyak daerah di Jawa Barat memiliki istilah ‘Ci’ di dalamnya? Apakah istilah ‘Ci’ dalam nama daerah di Jawa Barat memiliki arti tersendiri? Sebenarnya, terdapat beberapa cerita tentang arti ‘Ci’ ini.

Dikutip dari Bumidega Sunda Academy, ‘Ci’ berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti ‘Cahaya’. Hal ini berkaitan dengan eksistensi Gunung Sunda Purwa yang merupakan gunung api terbesar di dunia.

Bahkan tingginya mencapai 17.000 mdpl. Puncak gunung tersebut selalu diselimuti salju yang memancarkan cahaya. Cahaya tersebut konon menerangi daerah yang ada di sekitar gunung.

Namun versi lain menyebutkan bahwa ‘Ci’ yang dimaksud artinya adalah air. Menurut Bupati Puwakarta, Dedi Mulyadi, sejak dahulu masyarakat Jawa Barat memang aktifitasnya dekat dengan perairan seperti sungai maupun laut. Oleh sebab itu, banyak nama daerahnya yang diawali dengan istilah ‘Ci’.

Dedi juga mengatakan bahwa bahkan istana yang dibangun oleh nenek moyang pun pasti berada di dekat sungai karena agar lebih mudah mencari makan. Ia juga mengatakan kehidupan masyarakat Sunda pada zaman kerajaan, sungai saja disulap menjadi saranan transportasi masyarakat.

Sementara, sistem pertahanan kerajaan dahulu juga menggunakan parit untuk membentengi musuh. Dapat dilihat bahwa cai atau air memiliki peran yang besar bagi kehidupan di tanah sunda.

 Reporter: Dinda Nushinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini