AMANAH sebagai Program Strategis Pemerintah Lahirkan Potensi Pemuda Harapan Masa Depan Industri Daerah

Baca Juga

Oleh: Madi Al-Hadi

Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) sebagai salah satu program strategis unggulan pemerintah melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) berhasil melahirkan potensi para pemuda selaku harapan masa depan untuk perkembangan dan kemajuan industri daerah.

Dengan berbagai macam bekal melalui didikan dan pelatihan dalam AMANAH, para pemuda tersebut bisa semakin mengembangkan semua bakat yang mereka miliki bahkan di berbagai bidang. Hal tersebut akan sangat berdampak untuk peningkatan kemajuan industri daerah di masa depan.

Karena ke depannya, seluruh dunia akan semakin bersaing dengan sangat ketat, sehingga para pemudanya harus memiliki kualitas dan kapabilitas sebagai sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi untuk tidak tertinggal dan mampu menghadapi berbagai tantangan demi kemajuan industri daerahnya. Melalui AMANAH sebagai salah satu program strategis pemerintah, seluruh hal tersebut bukan tidak mungkin akan terealisasi.

Sebagai salah satu contoh bagaimana langkah konkret program tersebut untuk meningkatkan potensi dan kualitas para pemuda menjadi masa depan cerah bagi harapan industri daerahnya, yakni pelaksanaan kompetisi bernyanyi Meusaho Lam Nada.

Salah seorang juri dalam ajang tersebut, Nazar Apache menilai bahwa sejauh ini lomba yang AMANAH selenggarakan memang telah berhasil melahirkan berbagai macam potensi besar dari para pemuda setempat.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan berkat berbagai kegiatan positif yang berlangsung melalui inisiasi program unggulan dan strategis pemerintah itu, terdapat banyak bakat baru yang kemudian muncul ke permukaan dan menjadi sebuah cahaya harapan yang sangat bagus untuk industri Aceh ke depannya.

Termasuk juga, dalam kompetisi bernyanyi yang AMANAH laksanakan itu, sangat membantu untuk menyalurkan kreativitas para generasi muda awal wilayah berjuluk Negeri Rencong tersebut, sehingga mereka mendapatkan fasilitas yang sangat memadai dalam rangka mengeluarkan karyanya secara profesional.

Oleh karena itu, bagaimana peranan program strategis pemerintah melalui inisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut dalam mengembangkan potensi para generasi muda di Aceh memang sangat signifikan.

Lantaran peranan nyata yang berdampak sangat positif bagi pengembangan minat dan bakat serta potensi anak muda itu, menjadikan banyak pihak kemudian mendukung penuh dan mengharapkan supaya program unggulan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa terus berlangsung dan berkesinambungan.

Program tersebut merupakan jawaban konkret dari seluruh mimpi anak muda dari wilayah berjuluk Serambi Mekkah itu karena selama ini mereka sudah cukup lama merindukan adanya ruang kreatif, yang ternyata AMANAH hadir untuk membuka seluruh kesempatan dan memberikan fasilitas sangat nyata.

Sementara itu, Kepala Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala (USK), Dr. Syaifullah Muhammad menyatakan bahwa hadirnya program unggulan dan strategis dari pemerintah melalui inisiasi BIN tersebut telah mendatangkan berbagai macam fasilitas yang sangat lengkap sehingga bukan tidak mungkin mampu menjadi penggerak ekonomi baru di Aceh.

AMANAH memang sudah sangat banyak membantu para generasi muda dalam berbagai bidang, termasuk bisnis rintisan atau startup yang bisa menjadi semakin berkembang. Dengan adanya gedung multifungsi itu, mereka semua dapat saling belajar dan berkembang di banyak bidang seperti kreatif, riset dan teknologi, kewirausahaan, industri kreatif, pendidikan, literasi, budaya juga bahasa.

Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat memang memiliki banyak sekali fasilitas yang memadai, lengkap dan modern untuk menunjang kemandirian para pemuda daerah. Setidaknya terdapat 9 area seperti gedung multifungsi, gedung utama, asrama putra dan putri, musholla, bangunan rumah kaca, penyulingan, ground water tank hingga rumah genset.

Bukan hanya memberikan fasilitas berupa infrastruktur atau sarana yang memadai saja, namun AMANAH juga menggelar berbagai macam pelatihan untuk peningkatan kemandirian, kompetensi hingga profesionalisme mereka sebagai pelaku usaha atau pengusaha muda.

Sehingga nantinya para anak muda Negeri Rencong bisa mengelola dan memasarkan semua produk secara digital, termasuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pengembangan usaha mereka.

Langkah lain AMANAH untuk menjadikan para pemuda sebagai harapan masa depan industri daerah yakni adanya pelatihan yang mengasah skill inovasi dan pemasaran para pelaku kerajinan tangan.

Menurut Fitriani, salah satu peserta pelatihan bahwa hadirnya bimbingan dari program unggulan strategis pemerintah inisiasi BIN itu berdampak pada peningkatan daya saing [ara pengrajin lokal di Aceh.

Karena sejauh ini produk yang mereka olah masih belum maksimal di pasaran, namun semenjak kedatangan AMANAH, maka mampu semakin mempromosikan seluruh produk masyarakat ke pasar yang lebih luas lagi.

Memang, AMANAH sebagai salah satu program strategis unggulan pemerintah di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo melalui insiasi Badan Intelijen Negara berhasil untuk terus melahirkan potensi para pemuda setempat sehingga mereka bisa menjadi harapan bagi masa depan cerah industri daerah.

*) Mahasiswa Aceh Tinggal di Surakarta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Upaya Konkrit Cetak Generasi Muda Kokoh

Jakarta – Pengamat Pertahanan dan Pangan, Dina Hidayana memandang program makan siang gratis yang digagas oleh presiden dan wakil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini