Mirip Dengan KPU, Ini Survei Poltracking untuk Pilpres 2019

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Survei terbaru yang diprediksi mirip dengan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf akan memenangkan pemilihan presiden (pilpres).

Survei itu dilakukan Poltracking antara 1-8 April 2019 dengan jumlah responden 2000 dari 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, data yang diperoleh dari responden pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul 53,3 persen. Sedangkan, pasangan Prabowo-Sandi hanya mendapat 39,7 persen.

Artinya ada selisih elektabilitas di antara keduanya yaitu 13,6 persen. Jumlah undecided voters hanya 7 persen.

Namun, setelah menerapkan predictive model untuk memprediksi arah undecided voters, menurut Poltracking Jokowi-Ma’ruf masih mengungguli Prabowo-Sandi. Namun selisih elektabilitasnya tinggal sembilan persen.

Metode itu menghasilkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 54,5 persen sedangkan Prabowo-Sandi 45,5 persen.

Angka itu, menurut Hanta Yuda diprediksi akan sesuai dengan rekapitulasi suara di KPU nanti.

Namun bukan berarti kesempatan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memenangi Pilpres tertutup, masih terbuka kesempatan memenangi Pilpres 2019 di sisa masa waktu menuju hari H pemilihan. Oleh karena itu, masa-masa menuju hari H pemilihan menjadi momen yang krusial bagi kedua pasangan.

Berita Terbaru

Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Mata Indonesia - Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi yang meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada hari Minggu (19/05) lalu. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya di hadapan awak media di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Selasa, 21 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini