Bangun Rumah Rusak di Gempa Palu, Pemerintah Kucurkan Rp 1,9 Triliun

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengucurkan bantuan hibah daerah dari Kementerian Keuangan kepada empat pemerintah daerah di Sulawesi Tengah, yang terdampak gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi tahun lalu, sebesar Rp 1,9 triliun.

“Bantuan tersebut akan disalurkan oleh pemerintah daerah kepada warga yang rumahnya mengalami rusak berat, sedang, serta ringan,” ujar Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo, Selasa 8 Oktober 2019.

Ia harapkan, dana ini dalam waktu tujuh hari kerja sudah masuk ke rekening kas daerah, dan selanjutnya akan ditransfer ke rekening perorangan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Besaran bantuan yang diterima masyarakat terdampak adalah masing-masing sebesar Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah yang rusak sedang dan Rp 10 juta untuk rumah rusak ringan.

Empat pemerintah daerah yang mendapat bantuan ini adalah Kota Palu sebesar Rp 820.653.280.000, Kabupaten Sigi sejumlah Rp 568.663.780.000, Kabupaten Donggala sebagai Rp 516.780.890.000 dan Kabupaten Parigi Moutong sebesar Rp 66.361.850.000.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengaku telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa anggaran selalu siap untuk mendukung BPNB dalam mengatasi bencana. Menurutnya, untuk tahun ini pihaknya sudah menyiapkan anggaran sejumlah Rp 4,84 triliun untuk BNPB.

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini