Bawa Esports Indonesia Semakin Mengglobal, KA BIN Budi Gunawan Dipercaya Kembali Pimpin PB ESI 2024-2029

Baca Juga

Jakarta – Musyawarah Olahraga Nasional dan Rapat Koordinasi Nasional PB Esports Indonesia (PB ESI) yang berlangsung di Grand Ballroom Intercontinental Jakarta (06/09) mencatat momen penting dengan terpilihnya kembali Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., P.S.M., sebagai Ketua Umum PB ESI untuk periode 2024-2029 secara aklamasi.

Dalam pidatonya, Budi Gunawan menyampaikan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin PB ESI kembali, sembari menyoroti perkembangan pesat dunia e-sports di Indonesia dan global.

“Jangkauan e-sports global telah mencapai lebih dari 577 juta audiens pada tahun 2024. Di Indonesia, e-sports sebagai sebuah cabang olahraga baru, telah menunjukkan perkembangan yang signifikan,” ungkapnya.

Budi Gunawan meyakini ekosistem yang sudah terbentuk, telah berhasil mengubah pandangan negatif masyarakat tentang game.

“Sekarang dengan berkembangnya e-sports, main game dapat menjadi pilihan karier yang menjanjikan, karena memang menghasilkan uang sekaligus berprestasi di tingkat Internasional,” jelasnya.

Budi Gunawan juga mencatat berbagai capaian selama periode 2020-2024, termasuk pengakuan internasional terhadap PB ESI dan pengembangan akademi e-sports yang kini melibatkan 84 sekolah dan 19 universitas.

“Kami telah mendirikan akademi e-sports dari SMP hingga perguruan tinggi, ini adalah langkah besar dalam membangun fondasi bagi generasi muda,” tambahnya.

Selain itu, dunia Internasional mengakui PB ESI sebagai satu-satunya induk organisasi e-sports resmi yang mewakili Indonesia di federasi e-sports internasional.

“Ini adalah hasil kerja keras diplomasi E-sports indonesia, yang semakin diakui sebagai kekuatan global,” tuturnya optimis

Wakil Ketua Umum III KONI, Mayjen TNI Purn Andri Sutarno, juga memberikan apresiasinya terhadap kinerja PB ESI di bawah kepemimpinan Budi Gunawan.

“PB ESI telah berhasil menjadikan e-sports sebagai salah satu cabang olahraga prestasi yang diakui secara nasional dan internasional. Di PON Aceh-Sumut 2024, e-sports Indonesia terus menunjukkan kemajuan luar biasa,” ujarnya.

Kebangkitan industri game Indonesia di bawah kepemimpinan Budi Gunawan pada PB ESI turut memicu esport menghadirkan salah satu game lokal, yaitu Battle of Guardians.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tinggiya untuk Bapak Budi Gunawan dan jajaran khususnya Pengurus Besar Sport Indonesia masa bakti pertama yang telah begitu besar memajukan sejarah olahraga sport di tanah air,” pujinya.

Selain itu, Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, juga menyatakan dukungannya.

“Indonesia terus menunjukkan prestasi yang sangat luar biasa sekali khusus pada Sea Games Kamboja tahun 2023 Indonesia berhasil tampil sebagai juara umum untuk cabang esport,” kata Hamka.

Hamka memuji capaian di kancah internasional pada kejuaraan dunia esport international tahun 2022 di Bali, dimana Indonesia juga keluar sebagai juara.

“Pembinaan prestasi esport melalui kepengurusan PB Esport Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Jenderal Budi Gunawan telah berhasil,” ucapnya.

Seluruh Ketua ESI Provinsi menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban PB ESI periode 2020-2024 dan sepakat secara aklamasi menunjuk Budi Gunawan untuk melanjutkan kepemimpinannya.

Pimpinan Musyawarah Olahraga Nasional kemudian mengeluarkan keputusan resmi untuk mengangkat Budi Gunawan sebagai Ketua Umum PB ESI periode 2024-2029.

Dengan terpilihnya kembali Budi Gunawan, PB ESI diharapkan mampu melanjutkan tren positif e-sports Indonesia, mengembangkan ekosistem yang inklusif, dan meraih lebih banyak prestasi di kancah internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berhasil Hadirkan Udara Bersih di IKN, Masyarakat Apresiasi Presiden Jokowi

Oleh : Eva Kalyna Audrey )* Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) selaku inisiator pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)...
- Advertisement -

Baca berita yang ini