Wujudkan Komitmen Presiden Jokowi, Program AMANAH Dorong Generasi Muda Berinovasi Lewat Seminar Kewirausahaan

Baca Juga

Aceh – Program AMANAH Aceh bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Peternakan Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA) Sigli sukses mengadakan seminar bertema “UMKM Berbasis Pertanian” di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Pidie pada Minggu, 22 September 2024. Acara ini bertujuan untuk memperkaya wawasan dan memotivasi generasi muda agar terjun ke sektor kewirausahaan, khususnya di bidang pertanian.

Reza Saputra, Ketua Himpunan Mahasiswa Peternakan UNIGHA, menjelaskan bahwa seminar ini mengusung tema “Bangkitkan Semangat, Ciptakan Peluang Berwirausaha di Bidang Pertanian,” yang dirancang untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya inovasi dalam usaha pertanian. “Kami berharap melalui seminar ini, generasi muda semakin tertarik untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian, karena potensi yang ada di Aceh sangat besar dan perlu dimanfaatkan dengan baik,” ujar Reza.

Acara ini menghadirkan tiga narasumber ahli di bidang masing-masing: Teuku Hafni, Sub Koordinator Produksi Tanaman dan Pangan Dinas Pertanian Pidie, Boihaqi, CEO Minyak Terapi Naturzayt, dan Novan Fahrizal, pemilik Sahabat Madu. Dalam paparannya, Novan Fahrizal menekankan pentingnya mentalitas sebagai pelopor dalam dunia usaha. “Jangan takut memulai usaha, karena pahit manis adalah bagian dari perjalanan yang akan membuat kita semakin tangguh,” katanya.

Teuku Hafni juga memberikan pandangannya tentang besarnya potensi sektor pertanian di Indonesia. “Generasi muda harus mampu mengubah tantangan menjadi peluang untuk masa depan yang lebih baik,” jelas Hafni. Ia memaparkan tiga langkah penting dalam pertanian: penyediaan sarana produksi, penerapan teknologi budidaya, dan pengolahan hasil pertanian.

Sementara itu, Boihaqi berbagi strategi pemasaran yang efektif untuk UMKM. “Inovasi kemasan dan promosi online menjadi kunci untuk memenangkan persaingan pasar,” ungkapnya.

Selain di Pidie, program AMANAH juga bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum di Kabupaten Bireuen, menggelar seminar bertema “Inovasi dan Kewirausahaan Generasi Z” pada Senin, 23 September 2024. Seminar ini diharapkan dapat memacu inovasi generasi muda di era digital.

Seminar ini bertujuan untuk menginspirasi dan memberdayakan generasi muda, khususnya mahasiswa dan siswa, dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital. Para peserta mendapatkan wawasan tentang strategi memulai dan mengembangkan UMKM, pemanfaatan media sosial untuk pemasaran, serta tips mengelola keuangan usaha.

Acara ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta dapat berkonsultasi langsung dengan para pembicara ahli. Seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi lahirnya wirausahawan muda yang inovatif khusunya di Kabupaten Bireuen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Capaian Presiden Jokowi Melalui UU Cipta Kerja, Wujudkan Ekonomi Lebih Inklusif dan Berdaya Saing

Oleh: Wahyu Gunawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan dan menerapkan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker), yang mana dengan adanya seperangkat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini