Latihan Lapangan Kodim 0732/Sleman Resmi Ditutup Kasrem 072/Pamungkas

Baca Juga

Mata Indonesia, Sleman – Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Dec Jerry Manungkalit, S.I.P. mewakili Danrem 072/Pamungkas secara resmi menutup Latihan Lapangan Kodim 0732/Sleman bertempat di Lapangan Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Sabtu, (3/8/2024).

Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Dec Jerry Manungkalit, S.I.P. saat membacakan sambutan Danrem 072/Pamungkas menyampaikan bahwa keterlibatan TNI dalam proses penanggulangan bencana alam sejalan dengan pasal 7 Undang-Undang RI No 34 Tahun 2004 tentang Tugas Pokok TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantaranya adalah membantu penanggulangan bencana alam baik pada tahap tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi.

Kodim 0732/Sleman selaku satuan komando kewilayahan dalam proses penanggulangan bencana tidak berdiri sendiri, namun bekerjasama dan bersinergi dengan seluruh pihak mulai dari Pemerintah Daerah, Polri, BPBD dan seluruh komponen bangsa lainnya.

Melalui latihan lapangan ini diharapkan satuan Kodim 0732/sleman mempunyai kemampuan dan koordinasi yang baik dalam operasi penanggulangan bencana alam. Apabila terjadi bencana alam, prajurit TNI tidak hanya datang sebagai pengaman wilayah tetapi juga secara langsung memberikan pertolongan pertama kepada korban dan memimpin masyarakat setempat mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang dilarang dilakukan pada saat tanggap darurat bencana.

Para prajurit TNI bersama Pemda, Polri, BPBD serta seluruh komponen lainnya harus memiliki kemampuan dalam melaporkan dan menginventarisir kondisi di lokasi bencana serta dapat menyampaikan informasi tersebut secara akurat dan terstruktur sesuai rantai komando yang ada dalam Satgas PRCPB di wilayah.

Kasrem 072/Pamungkas menekankan kepada penyelenggara latihan agar segera melaksanakan evaluasi dalam pelaksanaan latihan. Kegiatan evaluasi sangat penting untuk dilaksanakan guna mengetahui kekurangan serta kelemahan yang ada. Evaluasi dan catatan dari penyelenggaraan latihan ini dapat dijadikan acuan dalam penyelenggaraan latihan selanjutnya.

Selesai pelaksanaan kegiatan latihan, dilanjutkan acara tambahan dalam rangka membantu masyarakat diantaranya, karya bakti, donor darah dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Kasi Korem 072/Pamungkas, Dandim, Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 072/Pamungkas, Danyonif 403/WP, Perwira Kodim 0732/Sleman dan Forkopimda Kabupaten Sleman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Sleman Ajak Teladani Akhlak Rasulullah SAW

Mata Indonesia, Sleman - Memperingati hari kelahiran nabi agung umat Islam, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Sleman mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat (20/9). Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.
- Advertisement -

Baca berita yang ini