MATA INDONESIA, JAKARTA-Kementerian Luar Negeri RI serta KBRI terus memperkenalkan brand lokal tanah air. Salah satunya Kopi asal Indonesia berhasil menembus pasar Serbia.
Dilaporkan situs Kemlu RI, promosi gencar yang dilakukan KBRI Beograd ikut berjasa atas ekspor kopi robusta yang berasal dari CV Optima Karya Pitaya.
Perusahaan itu sebelumnya berpartisipasi pada pameran the 89th International Agricultural Fair pada 21–27 Mei 2022 di kota Novi Sad, Serbia.
Ekspor ini merupakan langkah awal meningkatkan pangsa pasar kopi di Serbia yang masih memiliki peluang besar untuk terus digarap.
Berdasarkan data dari Kantor Statistik Serbia, pada tahun 2021 Serbia mengimpor roasted coffee senilai lebih dari 20 juta dolar AS dan green bean senilai lebih dari 63 juta dolar.
Namun, impor kopi Serbia dari Indonesia terbilang masih rendah dan mayoritas melalui negara ketiga. Oleh sebab itu, promosi kopi di berbagai ajang di Serbia secara terus menerus sangat diperlukan untuk lebih memperkenalkan kopi Indonesia di masyarakat setempat.
KBRI Beograd telah mempromosikan kopi Indonesia di berbagai ajang promosi dagang. Selain berpartisipasi pada pameran the 89th International Agricultural Fair tahun ini, KBRI Beograd berkerja sama dengan Kementerian Pertanian RI juga telah menyelenggarakan pameran One Day with Indonesian Coffee, Fruits and Floriculture (ODICOFF) pada November 2021.