Hadapi Pilpres 2024, Pesan Jokowi ke Relawannya: Jangan Grusa-Grusu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Relawan Tim 7 Jokowi Presiden adakan acara silaturahmi di Ancol, Jakarta, pada Sabtu 11 Juni 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam pertemuan tersebut kembali mewanti-wanti relawannya untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan sikap menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Ia mengingatkan relawannya bahwa masih banyak persoalan besar negara yang harus selesai dengan bekerja keras.

”Saya mengajak tidak usah tergesa-gesa dulu. Kita bekerja keras menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Tidak usah grusa-grusu. Kalau ada yang mempengaruhi, sampaikan, nanti dulu,” pesan Jokowi.

Mantan wali kota Solo ini menegaskan, pada momentum tepat, ia akan kembali berbicara dengan para relawan mengenai sikap politiknya dalam Pilpres 2024 mendatang. Ia meminta relawannya mendengarkan suara akar rumput mengenai calon relawan Jokowi.

”Nanti kalau momentumnya sudah tepat, saya akan ajak bicara lagi. Kita ketemu lagi. Saya akan bertanya kepada Bapak Ibu dan Saudara-Saudara semuanya, ‘siapa?’ Saya akan bertanya, ‘siapa?'” ujar Jokowi.

Menurut dia, hal itu perlu agar dukungan kepada sosoknya itu bukan berdasarkan pada keputusanya semata, tetapi keputusan seluruh relawan.

”Dengarkan tetangga dan yang ada di akar rumput. Dengarkan semuanya. Karena nilai-nilai yang ingin kita bangun adalah sebuah nilai-nilai kerakyatan, nilai-nilai kebersamaan,” kata Jokowi.

Jokowi juga berpesan kepada relawannya untuk tidak bersikap berlebihan. Ia mengatakan, semua pihak harus berintrospeksi, termasuk dirinya sendiri yang merasa banyak kekurangan.

“Ojo dumeh, kalau orang Jawa bilang ‘ojo dumeh. Jangan berlebihan dalam berperilaku. Jangan mentang-mentang dalam berperilaku. Sebaik-baiknya adalah kita berintropeksi diri sehingga bisa memperbaiki apa-apa yang kurang,” kata Jokowi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Petambak Jadi Korban Penganiayaan oleh Diduga Oknum Petugas Lantamal XIII Tarakan

Mata Indonesia, Tarakan - Seorang korban yang merupakan petani tambak dianiaya oleh sekelompok orang, Minggu 29 September 2024, di...
- Advertisement -

Baca berita yang ini