Pancasila Tertanam pada Setiap Ajaran Agama

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kelima sila Pancasila sejati-nya telah dan masih tertanam pada setiap ajaran agama maupun kepercayaan masyarakat di Indonesia. ”Pancasila merupakan karunia dari Tuhan untuk bangsa Indonesia,” kata Ketua MK Anwar Usman, Rabu 1 Juni 2022.

Atas penanaman nilai-nilai tersebut, Anwar mengilustrasikan dengan mengutip arti dari Al Quran Surah Al Hujarat Ayat 13 yang artinya

“hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal”.

“Sesungguhnya, orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Dari kutipan ayat tersebut, Anwar mengatakan secara makna pada pembentukan bangsa Indonesia oleh para pendiri termasuk Bung Karno maka masyarakat di Tanah Air pada kodrat-nya tercipta dari beragam suku bangsa, ras, kepercayaan dan keyakinan. “Melalui keberagaman ini pula para pendiri bangsa dan keberagaman Indonesia tertuang dengan menghasilkan buah pikiran dengan lahirnya Pancasila,” katanya.

Anwar menuturkan mulai dari sila pertama hingga sila kelima, semuanya selaras dengan kehidupan bangsa Indonesia. Sehingga, tidak ada alasan oleh siapa pun untuk meragukan Pancasila. Termasuk dari agama dan suku manapun.

Ia berharap ke depannya lahir para generasi pancasilais dengan pemikiran-pemikiran baru yang terus menumbuhkan semangat dari pemahaman serta penanaman nilai-nilai pancasila.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tolak Pengaruh Buruk Kelompok Kepentingan di Tengah Pilkada 2024

Mata Indonesia, Bandung - Di ambang perubahan besar pada panggung politik Indonesia, dengan peralihan presiden dan Pilkada 2024 semakin...
- Advertisement -

Baca berita yang ini