Makanan dan Waktu Terbaik Untuk Sahur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meskipun hukumnya sunah, sahur memiliki banyak keberkahan di dalamnya. Sebagai umat muslim kita pasti bertanya tanya kapan sih waktu terbaik untuk sahur? Apa saja makanan yang baik kita konsumsi saat sahur? simak yuk!

Banyak orang yang mengonsumsi makanan sahur di tengah malam. Memang hal tersebut sah-sah saja. Disebutkan bahwa waktu yang tepat untuk melakukan sahur dalam medis adalah sekitar jam 3 pagi. Dengan begitu, kita akan dapat mendapatkan energi yang lebih banyak saat melakukan sahur saat menjelang pagi tersebut.

Tujuan sahur adalah memberikan kekuatan fisik dan menghemat energi agar aktivitas tidak terganggu. Maka dari itu, melakukan sahur tidak terlalu jauh dari batas waktu dapat memastikan tubuh tetap memiliki energi hingga berbuka puasa. Sama seperti sarapan, ternyata melakukan sahur sebelum mulai puasa dapat membuat tubuh lebih sehat.

Disebutkan bahwa kebiasaan ini dapat menurunkan risiko obesitas, serangan jantung, dan diabetes. Maka agar merasakan manfaat tersebut, ada baiknya untuk selalu bangun di pagi hari agar puasa lancar dan tubuh lebih bugar.

Dalam Islam, waktu sahur terbaik mulai sejak pertengahan malam. Jadi, jika malam itu awalnya setelah Isya dan akhirnya Subuh, maka pertengahannya kira-kira pukul 12 malam.  Sepertiga malam juga merupakan waktu utama yang di dalamnya banyak turun keberkahan.

Makanya, pada waktu ini juga salat tahajud dan memanjatkan doa menjadi anjuran Nabi SAW.

Jadi, bolehkah sahur jam 4 pagi? Selama belum azan, itu boleh dan bahkan bagus karena termasuk akhir dari sepertiga malam. Sementara itu, untuk waktu akhir sahur adalah saat terbit fajar, atau berkumandangnya azan subuh.

Sahur sebenarnya sebagai pengganti sarapan saat puasa. Ini merupakan jadwal makan pertama untuk memberi cadangan energi dalam beraktivitas seharian. Mengetahui porsi makan sahur yang tepat merupakan hal penting agar puasa lancar. Jika porsi makan sahur sedikit atau bahkan melewatkan sahur, Anda mungkin saja akan merasa lemas dan tidak kuat menjalankan puasa sampai waktu berbuka.

Inilah makanan yang wajib pada saat sahur:

  • Makanan berkarbohidrat dan tinggi serat

Contohnya adalah nasi merah atau roti gandum. Makanan tinggi serat juga dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan.

  • Makanan yang kaya nutrisi

Contohnya adalah sayuran, kurma, pisang dan apel juga kaya akan serat, mineral, serta berbagai sumber vitamin yang membuat kamu kenyang lebih lama.

  • Makanan yang kaya protein dan lemak baik

Contohnya adalah susu sapi segar, yogurt, keju, susu skim, atau mentega secukupnya. Untuk protein terbaik adalah tahu, tempe, edamame, kacang hitam, kacang merah, lentil, kacang tanah, quinoa, bayam, brokoli, atau pun chia seed.

  • Makanan tinggi zat besi

Contohnya adalah hati ayam dan daging sapi. Kedua makanan ini bisa menambah sel darah merah untuk tubuh. Terlebih untuk penderita anemia, makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi

Perlu diingatkan kembali, konsumsi air juga memiliki peran penting dalam hal ini. Konsumsilah 2 gelas air mineral saat sahur agar kebutuhan untuk tubuh tetap terpenuhi. Makan dan minum yang cukup dan tidak berlebihan agar semuanya seimbang

Reporter: Fadila Aliah Hakim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kondisi Ekonomi Global Bergejolak, Chuck: Saatnya Presiden Prabowo Menerapkan Rezim Pemulihan Aset

Mata Indonesia, Jakarta - Kondisi perekonomian global masih diwarnai ketidakpastian dengan laju pertumbuhan belum optimal yang dipengaruhi oleh lemahnya...
- Advertisement -

Baca berita yang ini