Generasi Produktif Syarat Indonesia Bangkit

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Sudah hampir 1,5 tahun pandemi Covid-19 menyelimuti bangsa indonesia dengan berbagai hal negatif yang ditimbulkan, mulai dari hilangnya mata pencaharian, mengganggu aktivitas, hingga memisahkan orang tersayang. Era digitalisasi mau tidak mau harus diterapkan secara paksa akibat pandemi ini. Tak bisa dipungkiri pandemi ini menjadikan seseorang harus bahkan wajib menerapkan era digitalisasi yang menjadi hal umum saat ini, mulai dari sekolah yang diterapkan secara daring, hingga bekerja dari rumah saja mulai diterapkan sebagai solusi agar perkembangan pengetahuan dan ekonomi tetap berjalan.

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang menjujung tinnggi  nilai gotong royong. Hal inilah yang memicu semangat untuk bangkit dari jurang keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Peran aktif generasi muda yang produktif dalam menyebarkan semangat gotong royong menjadikan Indonesia bangkit dari jurang resesi. Mereka berlomba-lomba dalam menyebarkan kebaikan melalui era digitalisasi yang menjadi keharusan di masa pandemi ini. Semangat optimis inilah yang membuat bangsa Indonesia berhgerak maju kedepannya. Harapan inilah yang dinanti-nantikan oleh bangsa ini setelah sekian lama merdeka. Bukan lagi merdeka secara fisik, namun kini merdeka secara sikis. Hal inilah yang harus ditanamkan oleh generasi produktif saat ini untuk Indonesia bangkit dan kuat kedepannya.

Dengan semangat gotong royong, Indonesia mampu bangkit dari jurang keterpurukan. Saling bahu -membahu menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Keelokan alamnya tak dapat dipungkiri keindahannya. Ramah tamah warga negaranya menjadikan Indonesia sebagai negara yang selalu dirindukan bagi setiap insan yang singgah.

Optimisme menjadikan Indonesia maju di masa depan. Bagaimana bila pemuda menjadi generasi psimis yang sedikit-sedikit mengeluh, sedikit-sedikit hanya mengandalkan pada yang ahli, Indoseia tidak akan bangkit, bahkan bisa jadi justru semakin memburuk. Oleh sebab itu, optimisme merupakan hal yang sangat penting dimiliki seseorang khususnya pemuda, sebab hal itu menjadi mosal utama bagi generasi kedepannya untuk terus bersaing dan berkembang di era digitalisasi, dengan teknologi yang seiring waktu semakin berkembang.

Bicara tentang pemuda, mereka adalah orang-orang yang menjadi contoh generasi sekarang. Sebab merekalah orang-orang yang menjadi peran pentimg di era digitalisasi hari ini. Semangat yang mereka sulut menjadi secercah harapan bagi masa depan bangsa. Pemuda memiliki energi dan semangat yang tak dimiliki generasi lain, itulah sebabnya pemuda merupakan generasi produktif. Kompetitif adalah hal yang harus dimiliki seorang generasi produktif untuk manjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang bangkit di masa depan.

Sebagian besar media informasi di era digitalisasi saat ini diterima dan ditujukan kepada generasi produktif. Mereka berlomba-lomba dalam menebar kebaikan, mulai dari saling bahu-membahu meberikan bantuan kepada mereka yang terdampak pandemi covid-19, serta menggaungkan semangat untuk kebangkitan bangsa indonesia melalui kompetisi yang dilakukan secara daring, seperti yang baru-baru ini, mereka saling berkompetisi di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Mereka tidak kehabisan ide untuk memeriahkan hari jadi bangsa Indonesia itu, walaupun hanya dilakukan secara daring, seperti halnya lomba tarik tambang per provinsi, kemudian ada juga kuis tentang kemerdekaan republik Indonesia, dan masih banyak lagi. Hal ini merupakan dampak positif dari pandemi covid-19, sebab dari sini kita belajar untuk bersatu kita tak perlu harus dekat.

Untuk itu, bangsa Indonesia saat ini memerlukan generasi penerus yang produktif untuk syarat menjadi negara yang bangkit dan kuat serta mampu bersaing dengan berbagai penjuru negara, baik dari sumber daya alamnya serta sumber daya manusianya. Sebab apa yang kita lakukan saat ini, akan menentukan kita di masa depan. Optimisme dan kompetitif untuk terus maju dapat memberikan perubahan pada masa depan negara ini. Mari kita saling bergandeng tangan menguatkan persatuan untuk Indonesia bangkit kedepannya.

Penulis: Lia Melinda

  • Ig: liamlnd_8 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini