Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia Meningkat Akibat Ketersediaan Lapangan Pekerjaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono mengatakan bahwa persepsi konsumen terhadap perbaikan penghasilan terpantau membaik.

Hal ini sejalan dengan tambahan penghasilan berupa tunjangan hari raya (THR) bagi para pekerja. Sehingga meningkatkan omzet responden para pelaku bisnis pada periode Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Berdasarkan Survei Konsumen BI, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) kembali meningkat dari 101,5 pada April 2021, naik 104,4 pada Mei 2021.

Seperti dikatakan oleh Erwin, kenaikan IKK berkat optimisme ketersediaan lapangan kerja baru, kenaikan penghasilan berkat THR, dan ketepatan waktu terhadap pembelian barang tahan lama.

Sedangkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terpantau relative stabil ketimbang dengan capaian pada bulan sebelumnya. Dari sisi daerah, keyakinan konsumen meningkat tinggi di Kota Medan, Surabaya, dan Manado.

“Kenaikan indeks terjadi pada sebagian besar kelompok pengeluaran, yaitu responden dengan pengeluaran Rp1-4 juta per bulan,” kata Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, Rabu, 9 Juni 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini