Menu Khas Indonesia Meriahkan Buka Puasa Bareng Open Iftar di London

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Ratusan warga London yang hadir di acara buka puasa bareng Open Iftar, Minggu 24 April 2022 malam waktu setempat menikmati hidangan buka puasa khas Indonesia. Ada berbagai kudapan seperti onde-onde, pastel, dan risoles.

Open Iftar adalah kegiatan buka puasa bersama terbuka untuk umum yang diselenggarakan oleh Ramadan Tent Project di beberapa lokasi di London dan kota-kota lain di Inggris, seperti Cambridge, Bimringham, Manchester, Coventry dan Newcastle.

Setelah salat Magrib berjamaah yang juga dilaksanaan di tempat terbuka, peserta Open Iftar yang berlokasi di Broadgate Exchange Square, kawasan perkantoran di Liverpool Street London, menikmati nasi berlauk rendang, ayam bakar, telur balado, serta cap cay, acar dan mi goreng. Sedangkan untuk menu vegetarian disediakan lauk berbahan dasar tempe dan tahu.

Duta besar Indonesia untuk Inggris Raya dan Republik Irlandia, Desra Percaya, yang hadir dan menjadi salah satu pembicara di Open Iftar mengatakan sangat senang ada menu Indonesia di acara ini.

“Rasanya senang sekali dan bangga karena Indonesia diakui dan juga berperan di sini, tidak hanya karena kehadiran masyarakatnya tetapi juga ikut menyediakan makanan,” katanya.

“Tadi banyak yang datang ke saya, sengaja mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi [masyarakat Indonesia di London] dan juga mengatakan makanan Indonesia semuanya sangat enak. Tadi ada yang secara khusus bertanya makanan apa yang ia santap. Ternyata onde-onde,” ujarnya.

Direktur Human Aid Initiative, Nurani Susilo, mengatakan, panyelenggara Open Iftar menghubungi Human Aid Initiative dan mengajak kolaborasi dengan menyediakan menu Indonesia. Human Aid Initiative adalah lembaga kemanusiaan yang didirikan oleh diaspora Indonesia di Inggris dan pada setiap Ramadan sebelum pandemi aktif mendukung Open Iftar.

“Sebelum pandemi Covid, kami rutin menyediakan menu Indonesia di Open Ifar setidaknya dua kali selama Ramadan. Mereka menyebutnya sebagai ‘Indonesian Night’. Menu Indonesia di acara Open Iftar memang salah satu yang paling ditunggu karena berbeda dengan menu-menu di hari lain,” ucapnya.

Pendiri Open Iftar, Omar Salha menyebut, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya dia tahu para tamu dan peserta sangat suka dengan makanan Indonesia.

“Ya, tentu saja saya puas dan bahagia. Semua tamu senang dan menyampaikan apresiasi karena tersedia makanan Indonesia. Terima kasih untuk Human Aid Initiative dan keluarga-keluarga Indonesia di London yang telah menyumbang makanan,” ungkapnya.

Open Iftar berawal dari kegiatan buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh sejumlah mahasiswa internasional di London. Dari skala kecil, kegiatan ini membesar dan hingga tahun kesembilan sejak didirikan, Open Iftar telah menyediakan makanan buka puasa untuk puluhan ribu orang, baik di London maupun di sejumlah kota di Inggris. Telah juga merambah ke Afrika, Amerika Utara, dan Turki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini