Fadhilah dan Manfaat Buka Puasa Bersama

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat Ramadan, ada banyak hal dan tradisi yang membuat bulan suci ini terasa spesial. Salah satunya yang tak boleh ketinggalan ialah buka puasa bersama.

Bagi sebagian orang, undangan untuk buka puasa bersama merupakan momen yang gak boleh dilewati. Selain bisa berkumpul, momen bukber juga menjadi ajang reuni dengan teman lama.

Sementara itu, dalam Islam, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk makan bersama. Beliau berabda:

“Berkumpullah kalian ketika makan dan sebutlah Nama Allah, maka makanan kalian akan diberkahi.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Imam Ahmad, dan Ibnu Hibban).

Dari petikan hadis di atas terlihat jelas bahwa Rasulullah pun menganjurkan untuk makan bersama. Namun, perlu diingat kalau berbuka puasa hanya aktivitas saja, bukan ibadah.

Selain itu, buka puasa bersama juga memiliki manfaat. Mulai dari mempererat silaturahmi, mencairkan hubungan, mencegah demensia hingga memperpanjang usia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini