Polairud Polda DIY menerima hibah almatsus untuk keselamatan wisatawan

Baca Juga

Mata Indonesia , Yogyakarta – Salah satu daya tarik wisata di Yogyakarta adalah pantainya yang indah. Diantaranya adalah pantai Parangtritis yang sudah dikenal sejak lama. Liburan tahun baru 2023 terdata tidak kurang dari 22 ribu wisatawan yang mengunjungi pantai Parangtritis.

Selain memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar dan Pemda setempat, tentu juga ada hal yang perlu diwaspadai dari potensi ini. Salah satu hal yang mendapat perhatian Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan S.I.K., M.H., adalah keselamatan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang berada di pantai Parangtritis. Beberapa waktu lalu masih ada wisatawan yang terseret ombak sekalipun bisa diselamatkan.

Dengan bentangan pantai sepanjang kurang lebih 10 KM menjadi tantangan tersendiri bagi petugas terpadu yang berjaga dari ada polisi, TNI, SAR linmas, maupun relawan.

Melihat tantangan itu, Kapolda DIY kembali teringat pada seseorang yang punya sosok sosial tinggi yang dikenalnya jauh sebelum menjabat Kapolda DIY.

Seolah gayung bersambut akhirnya pada hari Senin, 23 Januari 2023 Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyaksikan penyerahan hibah dua unit kendaraan khusus berupa UTV dan ATV dari PT Mustika Tiara Sakti kepada Ditpolairud Polda DIY.

Penyerahan dilaksanakan di halaman kantor posko terpadu SAR Linmas Parangtritis DIY dengan dihadiri oleh tim dari PT Mustika Tiara Sakti, Wakapolda DIY, para PJU polda, Bupati Bantul, Kapolres Bantul, Kasat Pol PP DIY.

Ibu Dian Vakeh selaku Direktur PT MTS menyampaikan satu unit UTV dan satu unit ATV senilai 1,76 M akan digunakan untuk memudahkan personel yang tergabung di posko SAR linmas dalam menjalankan tugas patroli dan memberikan himbauan kepada pengunjung pantai, termasuk juga digunakan untuk evakuasi korban.

“Saya berharap kedua unit kendaraan tersebut bisa mendukung kinerja sehari hari untuk Polairud polda DIY,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Kapolda menyampaikan apresiasinya kepada Pimpinan PT MTS. “Kami mewakili Basarnas, Polairud, Sar Linmas, TNI Angkatan Laut, mengucapkan terimakasih kepada pak Agus,” ungkap Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

Kapolda pun berharap hibah ini menjadi amal jariah karena setiap orang yang dijaga atau diselamatkan di tempat ini, salah satunya karena berkat sumbangsih dari PT MTS.

“Semoga menjadi amal jariah karena setiap orang yang dijaga atau diselamatkan di tempat ini, salah satunya karena sumbangsih pak Agus dan kita semua yang ada di sini,” mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menyampaikan kalau penggunaan kendaraan tersebut bisa dilakukan bersama sama oleh personel yang tergabung dalam pos terpadu SAR Linmas Parangtritis DIY.

“Kedua alat kendaraan ini, bukan hanya untuk anggota Dit Polairud yang berjaga, namun juga bisa digunakan bersama-sama personel yang tergabung di Pos Terpadu SAR Linmas Parangtritis,” ujarnya.(Abrar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini