Presiden: Pembangunan Dasar IKN telah Mulai

Baca Juga

MATA INDONESIA, PENAJAM – Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sebagai penanda pembangunan dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mulai.

“Adanya bendungan itu menunjukkan pembangunan basic di infrastruktur sudah mulai. Juli 2022 nanti, pembangunan jalan utama dari jalan tol Balikpapan juga mulai,” ujar  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ketika meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, Rabu 22 Juni 2022.

Selain itu, menurut presiden, adanya Persemaian Mentawir menunjukkan pembangunan di IKN memerhatikan lingkungan.

Presiden meminta agar pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat selesai lebih cepat dari rencana. Semula bendungan ini akan rampung pada Desember 2023. Namun Dirjen Sumber Daya Air PUPR Jarot Widyoko, menyanggupi untuk menyelesaikan pada awal 2023.

“Dengan adanya percepatan, kami menargetkan akan selesai pada Januari atau Februari 2023,” kata Jarot.

Presiden menyampaikan, air baku dari bendungan untuk memasok kebutuhan air bagi 1,5 juta penduduk. ”Untuk air yang tersalurkan adalah air siap minum,” kata Presiden.

Menteri PUPR Basuki Hadimulyono membenarkan pernyataan presiden. ”Kalau (air) enggak bisa diminum langsung, percuma (ibu kota) kita pindah,” ujar Basuki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini