PLTU Nagan Raya Mengolah Limbah Jadi Batako

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANDA ACEH – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya, Provinsi Aceh, berhasil mengolah limbah abu sisa pembakaran batu bara menjadi batako dan paving block. Hal ini untuk meningkatkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

”Abu sisa pembakaran batubara atau fly ash bottom ash (FABA) tersebut bisa bermanfaat menjadi zat tambahan dalam pembuatan batako dan paving block,” kata Manager Unit Pengelola Kegiatan  PT PLN Persero PLTU 1-2 Nagan Raya, Provinsi Aceh, Zulfan Idris, Minggu 13 Maret 2022.

Menurut Zulfan, FABA dari sisa pembakaran batubara mampu mengurangi jumlah penggunaan semen dalam proses produksi batako. Dengan demikian, masyarakat perajin batako dan paving block dapat menekan biaya produksinya.

Menurutnya, PLN tergerak untuk membantu masyarakat khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perajin paving blok dan batako.

“PT PLN memberikan abu sisa pembakaran tersebut kepada masyarakat secara cuma-cuma,” kata Zulfan.

Setelah keluar dari kategori Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), PLN menyerahkan abu sisa pembakaran batu bara tersebut kepada masyarakat. Dengan penggunaan FABA, kata Zulfan, kebutuhan semen untuk pembuatan paving block hanya 4 persen, sedangkan untuk batako hanya 3 persen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini