Piala Eropa 2020: Tim Kuda Hitam Unjuk Gigi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Babak 16 besar Piala Eropa 2020 hampir semuanya digelar. Sejauh ini, setidaknya ada tiga tim kuda hitam yang unjuk gigi.

Masih ada dua tim lagi yang akan memperebutkan dua tiket ke babak perempatfinal, yakni Inggris vs Jerman dan Swedia vs Ukaraina.

Sejauh ini, sudah ada enam tim yang melenggang ke babak perempatfinal, yakni Italia, Denmark, Swiss, Ceko, Spanyol, dan Belgia. Dua tim besar sudah tersisih di 16 besar, yakni Belanda dan Prancis.

Tim Kuda Hitam pertama adalah Denmark. Mereka sempat diragukan lolos dari penyisihan grup B. Pasalnya, Simon Kjaer dkk. kalah di dua laga awal. Tapi, mereka berhasil meraih kemenangan telak 4-1 atas Rusia dan lolos sebagai runner-up. Di 16 besar, mereka menghantam Wales dengan skor telak 4-0.

Kemudian ada Swiss. Mereka lolos dari Grup A sebagai peringkat tiga terbaik di bawah Italia dan Wales. Di babak 16 besar, Swiss membuat kejutan dengan memulangkan juara dunia, Prancis, melalui adu penalti setelah skor imbang 3-3 mewarnai laga selama 90 menit ditambah 30 menit.

Kuda Hitam terakhir adalah Ceko. Sama seperti Swiss, Patrick Shick dkk. lolos melalui jalur peringkat tiga terbaik di Grup D di bawah Inggris dan Kroasia. Tanpa disangka, mereka bisa menyingkirkan salah satu unggulan, Belanda, dengan skor 2-0.

Di perempatfinal, Denmark akan menghadapi Ceko, Sabtu 3 Juli 2021 pukul 23.00. Sementara Swiss menantang Spanyol, Jumat 2 Juli 2021 pukul 23.00 WIB.

Dari catatan sejarah Piala Eropa, prestasi terbaik Ceko adalah menjadi runner-up di 1996 dimana mereka ditaklukkan Jerman di final. Denmark pernah menjadi juara di 1992 dimana statusnya adalah tim penggant Yugoslavia. Sedangkan Swiss prestasi terbaiknya sebelum ini adalah babak 16 besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini