Musim Hujan Datang, BMKG: 3 Hal Ini yang Wajib Diwaspadai DKI Jakarta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap tiga hal yang harus diwaspadai oleh wilayah DKI Jakarta ketika musim hujan datang.

Pertama yaitu hujan terjadi di atas Jakarta atau hujan lokal. “Ini seperti 1 Januari 2020 kemarin, karena 377 mm terjadi di Halim,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, A. Fachri Rajab.

Selanjutnya, hujan di hulu. Fachri menjelaskan, jika hujan terjadi di daerah Gunung Gede Pangrango dan Salak, Jawa Barat. Selain itu, Jakarta juga harus mewaspadai kondisi air laut kala pasang.

“Paling bahaya tiga-tiga terjadi pada waktu yang sama, dan itu mungkin terjadi mungkin terjadi tahun ini. Itu mungkin untuk Jakarta yang mungkin kita pantau terus, walaupun katakanlah hujan di Jakarta tidak lebat tapi kalau di hulu lebat pasti banjir,” katanya.

Menurutnya, musim hujan ini dikarenakan adanya fenomena La Nina berdampak pada intensitas curah hujan yang meningkat. Sebab itu, dia mengimbau agar wilayah Jabodetabek tetap waspada pada cuaca yang akan diprediksi berlangsung hingga Februari 2021.

“Jabodetabek juga perlu jadi kewaspadaan kita, karena memang kondisi La Nina ini menyebabkan potensi curah hujannya lebih banyak dari 20-40 persen,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Hardiknas Dengan Mimbar Bebas Orasi dan Kesenian

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, BEM Nusantara DIY menggelar aksi mimbar bebas pada 2 Mei 2024 di Tugu Yogyakarta yang dimeriahkan oleh orasi dan pertunjukkan kesenian.
- Advertisement -

Baca berita yang ini