Libur Waisak, Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Bikin Pemkab Sumringah, Ini Sebabnya

Baca Juga

Mata Indonesia, Gunungkidul – Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat bahwa jumlah pengunjung selama libur Waisak 1-4 Juni 2023 telah melebihi target yang ditetapkan. Selama empat hari libur, total pengunjung mencapai 66.752 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, mengungkapkan adanya peningkatan signifikan kunjungan wisata selama libur panjang mulai dari tanggal 1 Juni 2023 hingga 4 Juni 2023 di beberapa destinasi wisata. Hal ini terbukti dari jumlah tiket masuk pariwisata yang melampaui target yang ditetapkan.

Hary menyebutkan bahwa target kunjungan selama libur panjang hanya sebanyak 54.438 orang. Namun, hingga akhir libur, total pengunjung yang datang mencapai 66.572 orang.

“Pada hari Minggu, 4 Juni 2023, tercatat kunjungan terbanyak dengan jumlah 18.979 orang. Secara rata-rata, terdapat sekitar 16.000-an orang yang mengunjungi setiap harinya selama libur berlangsung,” ujar Hary Selasa, 6 Juni 2023.

Ia melanjutkan bahwa peningkatan kunjungan ini juga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi masuk kawasan wisata. Selama libur panjang ini, pendapatan yang terkumpul mencapai Rp500.016.300.

“Target pendapatan yang ditetapkan sebesar Rp407.730.700, tetapi karena jumlah pengunjung yang lebih banyak, pendapatan juga meningkat,” tambah Hary sumringah.

Pemkab Gunungkidul menyimpulkan kunjungan wisata yang melampaui target ini menunjukkan adanya perbaikan kondisi pariwisata di Gunungkidul setelah terdampak pandemi. Meskipun belum mencapai tingkat sebelum pandemi, pemulihan terus berlangsung.

Dia berharap pariwisata di Gunungkidul terus berkembang, seiring dengan program pemerintah nasional yang fokus pada pengembangan infrastruktur yang dapat mendukung perkembangan yang lebih baik.

“JJLS hampir selesai dan terbukti dapat mengurangi kemacetan lalu lintas selama Lebaran. Dalam waktu dekat, akan ada exit tol di Prambanan yang akan langsung terhubung ke Gunungkidul, sehingga akses yang mudah ini dapat menjadi pendorong positif untuk pariwisata,” ungkap dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mengulik Strategi Gerindra di Pilkada Sleman, Gabung Koalisi dulu sambil Jalan Pilih Kandidat Potensial

Mata Indonesia, Sleman- Peta politik untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sleman terus berkembang dinamis menjelang Pilkada Sleman 2024. Sejumlah partai politik aktif membentuk koalisi strategis, salah satunya adalah DPC Gerindra Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini