KPU Sebut Jumlah Pemilih Hasil PDPB Berkurang 637.179 Orang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) semester pertama 2022 jumlah pemilihnya mengalami pengurangan 637.179.

“Adanya penurunan ini karena adanya pemilih baru dan pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat selama pemutakhiran,” kata anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos di Jakarta, Selasa 12 Juli 2022.

Rekapitulasi PDPB dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional. Penyampaian rekapitulasi PDPB tingkat KPU kabupaten/kota setiap 3 bulan dan untuk tingkat KPU provinsi setiap 6 bulan.

Berdasarkan penyampaian rekapitulasi KPU provinsi seluruh Indonesia, KPU melakukan rekapitulasi PDPB tingkat nasional setiap 6 bulan.

Rekapitulasi pemuktahiran data pemilih baru dalam PDPB Semester I 2022, menurut dia, berjumlah 578.139 pemilih, pemilih tidak memenuhi syarat 1.215.318 pemilih, dan pemilih mengubah data 818.302 pemilih.

Ia menyebutkan hasil PDPB Semester I 2022 berupa jumlah pemilih bulan berjalan sebanyak 190.022.169 orang.

“Saya rasa dengan komposisi laki-laki dan perempuan hampir berimbang, laki laki 49,9 persen dan perempuan 50,1 persen dari kondisi penduduk di Indonesia per hari ini dalam daftar pemilih berkelanjutan,” katanya.

Ke depan, menurut Betty, koordinasi dengan beberapa pemangku kepentingan terkait terus akan dilakukan, seperti sinkronisasi data daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) Kemendagri.

Dengan demikian, ketika mendapatkan data daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), data pemilih bisa lebih bersih, kerjaan KPU tidak terlalu berat untuk pemuktahiran data pemilih menjelang pemilu 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini