GeNose Diapresiasi, Wapres Dukung Inovasi Anak Bangsa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberikan apresiasi terhadap GeNose karena merupakan sebuah kemajuan bangsa yang harus didukung. Dukungan ini dikemukakan oleh Wapres saat bertemu Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro.

“Ini merupakan satu kemajuan dari anak bangsa kita, karena memang sangat diperlukan,” kata Ma’ruf, Selasa 2 Maret 2021. Pernyataan ini dikemukakan saat Wapres menerima laporan terkait alat penapisan atau screening yaitu GeNose, buatan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sementara Bambang menegaskan bahwa GeNose merupakan inovasi yang bisa digunakan di berbagai tempat. Seperti di kantor, pabrik, alat transportasi, hingga acara-acara tertentu.

Upaya ini sekaligus ingin memastikan agar dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, kegiatan hanya dihadiri oleh orang yang sudah terbukti negatif Covid-19.

Ia juga menjelaskan cara kerja GeNose yang menggunakan metode embusan napas untuk megetahui penularan Covid-19.

“Dari situ, dengan metode kecerdasan artifisial dilakukan analisis terhadap embusan napas. Dalam waktu kurang dari 1 menit setelah embusan napas dimasukkan sistem, maka akan ketahuan apakah dia positif atau negatif,” kata Bambang.

Bambang berharap penggunaan GeNose bisa berjalan optimal, terutama dalam mendukung tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity lewat vaksinasi.

“Kita harus disiplin menerapkan 3M, pemerintah melakukan 3T, salah satunya testing termasuk screening, dan GeNose memiliki peranan penting di situ,” kata Bambang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini