Gempa Magnitudo 5,3 di NTT Terasa Hingga NTB

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat malam, 25 Desember 2020.

Gempa itu terjadi pada pukul 19.40 WITA. ”Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,22 derajat lintang selatan dan 119,74 derajat bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 47 kilometer arah Timur Laut Kota Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah, NTT pada kedalaman 29 kilometer,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setito Prayitno, dalam rilis resmi, Sabtu pagi 26 Desember 2020.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat penyesaran dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan, gempa ini memiliki mekanisme pergerakan oblique turun. ”Guncangan gempa ini, dirasakan di daerah Waingapu, Waibakul, Labuan Bajo L, Ruteng dan Tambolaka III-IV MMI. Gempa ini juga dirasakan hingga Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB),” kata dia.

Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini