Final Piala FA: Begini Cara Tuchel Hilangkan Rasa Gugup

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel punya cara menghilangkan rasa gugup jelang final Piala FA. Mantan pelatih PSG itu memilih melakukan meditasi.

Chelsea akan menghadapi Leicester City di Stadion Wembley, Sabtu 15 Mei 2021 malam WIB. Ini adalah final pertama Tuchel sejak menggantikan Frank Lampard sebagai pelatih The Blues.

Selain itu, Tuchel juga akan memimpin Chelsea di final Liga Champions menghadapi Manchester City pada 29 Mei mendatang. Untuk menghilangkan rasa gugup, pria asal Jerman itu melakukan meditasi.

“Saya bangun pagi, olahraga, dan meditasi. Kemudian, mempersiapkan diri untuk rapat. Anda beusaha melakukan rutinitas seperti biasa, terkadang saya melakukan lari usai pertandingan agar tidur bisa lebih nyenak. Terkadang saya disiplin, terkadang tidak,” kata Tuchel, dikutip dari Sky Sports, Sabtu 15 Mei 2021.

“Saya rasa ada perasaan semangat dan gugup adalah hal yang wajar, terkadang biasa saja. Ada juga kalanya tetap tenang meskipun sedang dalam kondisi tertekan. Saya melakukan meditasi. 20 menit ambil dan keluarkan napas di dalam kamar,” ujarnya.

“Saya sudah melakukan ini bertahun-tahun. Meditasi benar-benar membantu dan pengalaman yang menyenangkan. Saya melakukannya saat melatih di Dortmund atau di antara melatih Mainz dan Dortmund. Tidak ada yang spesial, hanya ambil dan keluarkan napas teratur,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini