BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Buruk di Sejumlah Wilayah Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca buruk hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia pada Jumat 22 Mei 2020.

Disebutkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, sejumlah wilayah yang berpotensi mengalami cuaca buruk seperti Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Riau dan Lampung.

Khusus untuk Lampung, Dwikorita mengingatkan agar masyarakat mengantisipasi dan menyiapkan diri terhadap perkiraan cuaca buruk ini.

Kemudian, wilayah lain yang harus waspada terhadap potensi cuaca buruk seperti, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Gorontalo.

Cuaca buruk juga berpotensi terjadi di wilayah Indonesia tengah dan timur, seperti Gorontalo, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Seperti diketahui, cuaca buruk belakangan ini mengakibatkan sejumlah bencana hidrometeorologu yang terjadi berderet di sejumlah wilayah sejak Selasa 19 Mei 2020 dini hari akibat anomali cuaca dan pancaroba atau pergantian musim.

Dilaporkan terjadi abrasi pantai di Kabupaten Aceh Selatan pada Selasa 19 Mei 2020 lalu. Kemudian banjir bandang menerjang empat kelurahan di tiga kecamatan di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan pada Rabu 20 Mei 2020 pagi hari.

Banjir juga merendam sedikitnya 1.042 rumah, empat sarana pendidikan, dua rumah ibadah, satu sarana kesehatan, tiga perkantoran dan 175 hektare sawah di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Lalu, banjir juga dilaporkan terjadi di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, di Kecamatan Pahunga Lodu. Beberapa daerah lainnya juga mengalami bencana serupa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini