Banjir di Kota Jayapura karena Sampah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Apa penyebab banjir yang melanda kota Jayapura Papua? ternyata selain intensitas hujan yang tinggi penyebab lainnya karena sampah yang menumpuk di sungai.

Kepala Balai Sungai Wilayah Papua Nimbrot Rumaropen mengatakan banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Jayapura pada 6 Januari lalu karena kondisi sungai yang penuh dengan sampah dan sedimen.

”Banyaknya sampah termasuk sampah rumah tangga,” katanya di Jayapura.

Selain sampah plastik, ia mengatakan, ada juga penemuan sampah rumah tangga seperti lemari es saat pengerukan kali Acai di Abepura. Selain menyebabkan makin mengecilnya saluran air hingga menyebabkan saat terjadi hujan deras.  Sampah juga memenuhi saluran pembuangan air. Sehingga air meluap ke jalan hingga ke pemukiman masyarakat.

Saat ini, Balai Sungai Wilayah Papua masih melakukan pembersihan di sejumlah kali yang berada di Kota Jayapura dengan mengerahkan alat berat. Pembersihan hingga akhir Januari 2022. Selain di Kota Jayapura pembersihan kali atau sungai kecil juga di Kabupaten Jayapura. Hal ini karena di wilayah itu juga ada yang terdampak banjir.

“Sebanyak 16 excavator untuk membersihkan daerah aliran sungai yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura,” kata dia.

Bencana banjir pada 6 Januari lalu telah memakan korban delapan orang meninggal. Sebanyak 19.914 jiwa atau 6.378 kepala keluarga yang bermukim di empat distrik yakni Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura dan Distrik Heram terdampak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini