Keutamaan khatam Al Quran Saat Bulan Ramadhan

Baca Juga

Mata Indonesia – Dilansir dari NU Online, Kepala Unit Percetakan Al Quran Ditjen Bimas Islam Kemenag Jamaluddin M. Marki mengatakan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan menjadi sangat spesial, karena tidak hanya semata mengabadikan konteks waktu diturunkannnya Al Quran tapi juga menjadi ladang amal kebaikan.

Beberapa hadis Rasulullah juga menjelaskan keutamaan membaca Al Quran. Salah satunya, hadis riwayat (HR) Tirmidzi yang dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, No. 6469. Hadis itu mengatakan:

اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : منْ قرأَ حرْفاً مِنْ كتاب اللَّهِ فلَهُ حسنَةٌ ، والحسنَةُ بِعشرِ أَمثَالِهَا لا أَقول : الم حَرفٌ ، وَلكِن : أَلِفٌ حرْفٌ، ولامٌ حرْفٌ ، ومِيَمٌ حرْفٌ » رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح

Artinya: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan “Alif Laam Miim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf”

Meski begitu, Jamaluddin mengingatkan terdapat pantangan saat akan melakukan khatam Al Quran. Dia menyebut Rasulullah Saw melarang untuk mengkhatamkan Al Quran dalam durasi waktu yang terlalu cepat sehingga terburu-buru saat membacanya.

Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Amru bin Ash, Rasulullah Saw berkata, “Puasalah sehari dan berbukalah sehari, dan bacalah Al-Quran (khatamkanlah) dalam sebulan.” Aku berkata, “Aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah?” Beliau terus melarang hingga batas tiga hari. (HR. Bukhari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini