Presiden Jokowi Resmikan AMANAH Youth Creative Hub: BIN Bawa Lompatan Kreativitas Generasi Muda Aceh Makin Berkelas

Baca Juga

Aceh – Inisiatif luar biasa telah dimulai oleh Presiden Joko Widodo dengan membuat program Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) yang direalisasikan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dalam meningkatkan kualitas generasi muda Aceh. Presiden Jokowi tiba di Gedung AMANAH, Ladong, Aceh Besar (15/10) didampingi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., P.S.M., dengan dimeriahkan oleh 800 penari pemuda Aceh.

Presiden Joko Widodo terlebih dahulu berkeliling untuk melihat berbagai stand karya anak muda Aceh dalam program AMANAH. Presiden Jokowi banyak berinteraksi dengan pemuda-pemuda AMANAH yang merupakan pengusaha muda, petani muda, seniman, content creator dan pegiat kreatif muda lainnya.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyatakan bahwa kini Indonesia menghadapi ketidakpastian global yang disebabkan oleh tiga faktor utama: ketidakpastian ekonomi dengan pertumbuhan dunia yang sangat rendah dan banyak negara jatuh ke resesi; ketidakpastian geopolitik akibat konflik yang terus berlangsung seperti perang Ukraina, konflik Israel-Palestina, dan ketegangan di Timur Tengah; dan dampak nyata perubahan iklim dengan bencana alam dan suhu ekstrem yang membuat persaingan antarnegara semakin ketat.

“Oleh sebab itu, kunci kita adalah bagaimana kita bisa menciptakan SDM unggul, sehingga kita bisa berkompetisi dengan negara lain. Kita Alhamdulillah tahun kemarin, ekonomi kita masih tumbuh 5,08 persen, tahun ini kita perkirakan juga Insha Allah masih di atas 5 persen. Dan kita harapkan nanti dengan pelantikan Presiden baru, Bapak Prabowo Subianto, ekonomi kita akan jauh lebih baik,” sambutnya.

Presiden Jokowi menunjukkan rasa kagumnya melihat inovasi dan kreativitas anak-anak muda di Aceh, yang menurutnya sangat berkelas, dan menunjukkan kualitas yang luar biasa.

“Hari ini saya betul-betul sangat kagum atas inovasi, atas kreativitas anak-anak muda di Aceh yang saya lihat sangat kreatif dan inovatif, baik itu di urusan fashion, utamanya Muslim fashion, desain, betul-betul sangat berkelas, menurut saya sangat berkelas,” puji Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengapresiasi Badan Intelijen Negara (BIN) yang telah berhasil merealisasikan amanat dalam membangun Youth Creative Hub di Aceh dan berharap inisiasi serupa dapat diimplementasikan di wilayah lain di Indonesia.

“Lompatannya tidak kalah, tinggal bagaimana secara konsisten digosok dan diasah terus sehingga muncul inovasi baru di Provinsi Aceh. Saya sangat mengapresiasi BIN (Badan Intelijen Negara) yang telah menyiapkan ini, dan kita harapkan di semua provinsi nanti ada Creative Hub seperti ini,” imbuhnya.

Kepala BIN Budi Gunawan pun mengungkapkan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi yang menurutnya benar-benar telah membangun dan menyebarkan pembangunan secara merata di seluruh Indonesia.

“Beliau adalah Presiden dengan approval rating yang tinggi. Bapak Presiden Jokowi betul-betul telah membangun dan meratakan pembangunan Indonesia, tidak hanya Jawasentris. Hatinya betul-betul untuk Indonesia,” kata Kepala BIN Budi Gunawan.

Menurutnya, AMANAH merupakan salah satu inisiatif luar biasa yang lahir dari pemikiran Presiden Joko Widodo untuk mendukung generasi muda di Aceh. Setelah suksesnya PYCH di Papua, AMANAH hadir sebagai bukti kecintaan Presiden terhadap pemuda dari ujung timur hingga barat Indonesia.

“AMANAH adalah buah pemikiran Presiden Jokowi untuk anak muda Aceh setelah peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Papua. Presiden pun memberi pemerintah kepada BIN untuk membangun Youth Creative Hub di Aceh, yang menunjukkan kecintaan Presiden terhadap anak muda baik di ujung timur dan ujung barat Indonesia,” ujarnya.

Dalam satu tahun, program ini terbukti efektif dengan bantuan Kementerian PUPR dan dukungan dari pejabat serta tokoh ulama Aceh. Hingga kini, AMANAH telah mencatatkan 20.256 anggota muda Aceh dan berfokus pada pengembangan di tujuh sektor strategis yaitu sektor pertanian, peternakan, perikanan, UMKM, industri ekonomi kreatif, olahraga, social movement.

“AMANAH akan selalu dikenang sebagai amanat Bapak Presiden Jokowi untuk masa depan Aceh. Mereka melihat AMANAH akan membawa harapan masa depan untuk lebih makmur, sejahtera dan maju,” tambah Kepala BIN Budi Gunawan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Akademisi Dan Elemen Masyarakat Dukung Program Kesehatan dan Makan Gratis Prabowo Gibran.

Jakarta,- Pemerintahan Prabowo Subianto akan melakukan program cek kesehatan atau medical check up gratis yang menyasar 52 juta penduduk...
- Advertisement -

Baca berita yang ini