Tingginya Antusiasme Anak Muda Aceh Jelang Peresmian Gedung AMANAH oleh Presiden Jokowi

Baca Juga

Oleh : Cut Dian Gunawan )*

Berbagai elemen masyarakat di Aceh, khususnya para generasi muda sangat antusias menyambut dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan acara dalam program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH). Antusiasme anak muda tidak terlepas dari peran AMANAH yang mampu memberikan berbagai macam kegiatan positif bagi masa depan mereka.

AMANAH itu sendiri merupakan program yang bertujuan untuk memberdayakan generasi muda di Aceh. Program ini dirancang guna mengembangkan keterampilan, menjadi wadah untuk menyalurkan ide dan inovasi, serta melatih karakteristik anak muda hingga bisa menjadi sosok yang dapat memberikan pengaruh terhadap kemajuan Aceh.

Dilihat dari beberapa kegiatan yang telah dilakukan, anak muda Aceh tidak hanya berpartisipasi tetapi juga menunjukkan inisiatifnya dalam menerapkan ilmu yang mereka dapatkan untuk menggali potensi diri dan mengasah pola pikir kritis untuk memecahkan suatu permasalahan.

Pemerintah mendukung penuh program anak-anak muda yang bisa menyalurkan bakat dan kreativitasnya, salah satunya yaitu melalui program AMANAH. Hal tersebut tentunya untuk mendukung anak-anak muda agar bisa berkontribusi dalam peningkatan ekonomi kreatif serta dapat berdaya saing di kancah nasional maupun global.

Saat ini, program AMANAH telah menjadi sorotan utama masyarakat karena dinilai bisa mendorong generasi muda Aceh untuk terus berinovasi. Salah satu program yang menarik perhatian adalah pelatihan pembuatan kostum untuk karnaval dengan judul “Costume Carnival Class, Learn and Grow with AMANAH” yang dilaksanakan di ruang VIP AAC Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh. Program ini dirancang untuk mengasah kreativitas peserta dalam merancang dan membuat kostum karnaval, serta memberikan kesempatan untuk berkompetisi dalam mendesain kostum.

Acara pembuatan kostum ini mencakup dua komponen utama yaitu kompetisi desain kostum karnaval dan pelatihan pembuatan kostum. Dari banyaknya peserta yang mengirimkan desain, hanya 10 desain terbaik yang terpilih untuk mendapatkan pelatihan mendalam dari para ahli selama tiga hari di Rumah Kejaksaan, Gampong Lamlagang, Banda Aceh. Nantinya, kostum-kostum yang telah diproduksi berdasarkan desain-desain tersebut akan dipamerkan pada peresmian gedung baru AMANAH yang dijadwalkan pada 15 Oktober 2024.

Program pembuatan kostum yang diselenggarakan oleh AMANAH memberikan kesempatan berharga bagi desainer muda untuk menampilkan bakat mereka serta mendukung pengembangan keterampilan praktis yang krusial dalam industri seni dan mode. Salah seorang peserta dari Bireun, Inal Akhyar menyampaikan rasa terima kasih dan semangat mereka atas kesempatan yang diberikan, mengaku sangat terbantu dan termotivasi setelah mendapatkan bimbingan dari AMANAH.

Selain itu, AMANAH juga mengadakan berbagai pelatihan dan workshop lainnya yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan anak muda di Aceh. Dengan melibatkan para ahli dan praktisi dari berbagai bidang, AMANAH berupaya memberikan pengalaman langsung dan pengetahuan berharga kepada peserta. Misalnya, dalam sesi pelatihan kostum, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari desainer terkenal seperti Ade Sugriwa, yang juga menampilkan kostum dari Solo Batik Carnival.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masa depan bangsa ini berada di tangan para generasi muda di mana mereka harus memiliki kemampuan dan kapabilitas yang hebat agar bisa membawa bangsa ini menjadi lebih maju. Dengan begitu, anak muda harus memiliki semangat juang yang tinggi, daya kreatif, kreativitas dan inovasi, serta idealisme yang tinggi pula.

Tidak hanya itu saja, para anak muda juga lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan adanya perubahan pada suatu dinamika kehidupan yang tidak menentu. Tentunya, hal ini membuat mereka lebih mudah untuk belajar dan mampu menyerap segala jenis perubahan dan kemajuan yang terjadi. Maka sangatlah tepat apabila generasi muda merupakan salah satu pilar penting dari tegaknya kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemandirian dan perkembangan para pemuda di Aceh juga turut menentukan kemajuan bangsa. Program AMANAH pun akan sangat bermanfaat bagi mereka karena anak-anak muda di Aceh akan mendapatkan bekal yang luar biasa untuk kehidupan di masa depan. Dengan seluruh karakteristik dan ciri khas yang dimiliki oleh setiap anak muda, hendaknya mereka mampu ikut berperan dalam berkarya dan membangun bangsa melalui pemikiran, ide, kreativitas, maupun inovasinya dengan tetap terus memegang teguh pada nilai-nilai kebangsaan.

Melalui pelatihan ini, AMANAH bertujuan untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan dalam masyarakat, memberikan generasi muda Aceh alat dan kesempatan yang mereka butuhkan untuk berkembang dan mencapai kesuksesan. Dengan terus memperluas programnya dan menyediakan wadah bagi kreativitas dan inovasi, AMANAH berkontribusi pada pembangunan masa depan yang lebih indah bagi Aceh serta membantu mereka menciptakan masa depan yang lebih gemilang.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Sampah, Pendidikan, hingga Kesejahteraan Jadi Sorotan Utama Debat Calon Wali Kota Jogja

Mata Indonesia, Yogyakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan tiga sesi debat kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja dalam Pilkada 2024. Debat ini dijadwalkan berlangsung pada 7, 14, dan 21 November 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini