Home Cuitan MI Elemen Masyarakat Dukung Transisi Lancar dan Kepemimpinan Program Prabowo – Gibran

Elemen Masyarakat Dukung Transisi Lancar dan Kepemimpinan Program Prabowo – Gibran

0
6

Oleh : Gayatri Larasati )*

Pasca terpilihnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden dalam Pilpres 2024, antusiasme masyarakat terhadap pemerintahan baru semakin meningkat. Berbagai elemen masyarakat, mulai dari komunitas, organisasi kemasyarakatan, hingga institusi pendidikan, menyampaikan dukungan mereka untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Dukungan ini memperlihatkan keyakinan kuat bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran mampu membawa perubahan positif bagi bangsa dan mengatasi berbagai tantangan di masa depan. Dengan sinergi yang terjalin antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan visi Indonesia Emas 2045 dapat tercapai.

Dukungan ini menjadi salah satu indikasi positif bagi kelancaran transisi pemerintahan sekaligus kesuksesan program-program strategis yang akan diusung oleh pasangan Prabowo-Gibran dalam masa kepemimpinan mereka. Paguyuban Sosial Marga Tionghoa menyampaikan bahwa mereka siap bekerja sama dan memberikan kontribusi nyata bagi pemerintahan yang akan datang.

Dukungan ini tidak hanya simbolis, tetapi juga menunjukkan adanya harapan besar masyarakat agar kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Prabowo dan Gibran mampu mengakomodasi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas Tionghoa.

Sejarah panjang hubungan komunitas Tionghoa dengan bangsa Indonesia menunjukkan bahwa peran mereka dalam perekonomian, kebudayaan, dan sosial sangat signifikan, sehingga dukungan mereka terhadap pemerintahan baru diharapkan mampu mendorong terciptanya kebijakan yang inklusif.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Wilianto Tanta, dalam acara Rakernas ke-20 PSMTI. Pihaknya akan terus-menerus menjalankan berbagai program dan kegiatan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia serta siap mendukung Indonesia Emas 2045 dalam bidang Ketahanan Pangan, Makanan Bergizi, dan Stunting.

Oleh karena itu dirinya mengajak seluruh pengurus dan anggota serta kader PSMTI untuk bekerja keras mewujudkan cita-cita organisasi dalam mendukung program-program pemerintah. Wilianto juga mengimbau seluruh anggota untuk memperkuat soliditas dengan seluruh masyarakat. Tujuannya untuk memastikan PSMTI bisa memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Dukungan positif juga diberikan oleh  Ketua Majelis Pembina Matahari Pagi Indonesia (MPI), Ahmad Muzani. Ia mengatakan MPI saat ini bertugas membantu pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka yang sebentar lagi akan dilantik.

MPI kini telah menjelma menjadi organisasi kemasyarakatan, dari yang sebelumnya merupakan kelompok relawan untuk memiliki pengabdian yang tanpa batas dan tanpa waktu kepada bangsa dan negara. Ahmad juga mengajak semua relawan Prabowo-Gibran lainnya yang tergabung dalam kelompok mana pun untuk bersama mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran.

Menurutnya Prabowo dan Gibran masih membutuhkan dukungan yang besar dari seluruh partai di Indonesia, masyarakat Indonesia, apalagi dari semua relawan yang saat pemilu kemarin berjuang seperti MPI.

Keberadaan ormas maupun relawan, sambung dia, merupakan kekuatan pemerintahan Prabowo-Gibran, khususnya untuk memberikan masukan agar arah dan tujuan perjuangan Prabowo-Gibran dalam menjalankan pemerintahan yang akan datang tidak jauh dari harapan masyarakat.

Dari dunia pendidikan, Universitas Teuku Umar (UTU) termasuk satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menyatakan kesiapannya untuk mendukung pemerintahan baru Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam kelanjutan pembangunan di Indonesia khususnya kelanjutan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Aceh.

Rektor UTU, Prof Dr. Ishak Hasan, M.Si mengatakan siap memberikan kontribusi gagasan progresif bagi bangsa dan negara, dalam kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. UTU berkomitmen untuk memajukan bangsa dan negara melalui pembentukan lulusan kampus yang berkualitas, dan berdaya saing global dalam rangka menyongsong visi Indonesia Emas 2045.

Ishak juga mengajak pihak-pihak yang berkontestasi dalam pemilu 2024 untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Bagi masyarakat Indonesia yang saat Pemilu Februari 2024 lalu sempat terfragmentasi sesuai pilihan politiknya, maka saat ini setelah putusan MK kita kembali menjalin persatuan dan kesatuan demi kemajuan bangsa dan negara di tengah tantangan global yang semakin kompleks.

Adanya dukungan dari sejumlah kelompok masyarakat terkait dukungan terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran mencerminkan adanya kepercayaan publik terhadap pasangan Prabowo-Gibran untuk melanjutkan berbagai proyek infrastruktur, sosial, dan ekonomi yang sedang berjalan, sembari menambah program-program baru yang disesuaikan dengan visi dan misi mereka. Sinergi antara pemerintah dengan berbagai elemen masyarakat dinilai akan menjadi kunci penting dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Dukungan dari berbagai kelompok masyarakat lainnya terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran menunjukkan bahwa ada optimisme tinggi terhadap masa depan Indonesia di bawah kepemimpinan baru. Harapan terhadap kebijakan yang inklusif, pertumbuhan ekonomi berkeadilan, serta stabilitas nasional menjadi fokus utama. Dengan sinergi antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan program-program yang diusung Prabowo-Gibran mampu membawa Indonesia menuju kemajuan yang lebih signifikan dalam berbagai bidang.

)* Penulis merupakan pengamat politik

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here