Kembali Pimpin PBESI, Budi Gunawan Bawa Indonesia Ke Panggung Global Melalui Esports

Baca Juga

Jakarta – Kepala BIN Jend Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, SH., M.Si., Ph.D., kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI).

Selama ini, E-sports telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, dimana dengan ekosistem yang sudah terbentuk, Indonesia telah berhasil mengubah pandangan negatif masyarakat tentang game.

Hal tersebut dikatakan Kepala BIN Jend Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, SH., M.Si., Ph.D, dalam Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengurus Besar Esports Indonesia atau PB ESI 2024, di Jakarta, Minggu (06/10)

“Jangkauan e-sports Global saat ini berkembang sangat pesat, data terakhir menunjukkan bahwa audiens e-sports telah mencapai lebih dari 577 juta orang pada tahun 2024,” kata Kepala BIN Budi Gunawan.

Budi Gunawan menyebutkan bahwa di era kepengurusan PBESI periode 2020-2024, banyak capaian dan prestasi yang telah diraih, baik di tingkat nasional maupun Internasional.

“Saat ini sudah ada 84 sekolah Menengah dengan ekstra kurikuler e-sports dan 19 Universitas dengan ukm e-sports. Yang akan menjadi ekstra kurikuler favorit bagi gen-z dan gen-alpha,” tuturnya.

Menurut Kepala BIN, satu hal lain yang patut menjadi kebanggaan yakni di tengah ketegangan geopolitik dunia, E-sports ternyata memainkan peran pemersatu.

“Komunitas e-sports telah menyatukan berbagai budaya dan background dalam satu platform dan menciptakan bentuk hiburan baru bagi generasi muda Indonesia yang terhubung dengan komunitas muda global,” kata Budi Gunawan.

Sejak kehadiran Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang menjadi organisasi olahraga sekaligus wadah bagi para atlet esports Tanah Air, banyak sekali perubahan dan perkembangan yang terjadi pada ekosistem esports di Indonesia

Terutama tatkala era kepengurusan PBESI sejak ditantik pada tahun 2020 silam yang diketuai oleh Budi Gunawan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum 3 KONI, Mayjen TNI Purn Andri Sutarno mengatakan bahwa selaku ketua umum KONI pusat menyampaikan apresiasi dan penghormatan yang setinggi tingginya kepada PBESI yang telah bersama-sama mensukseskan Pekan Olahraga Nasional ke 21 Aceh Sumatera Utara tahun 2024.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya untuk bapak Budi Gunawan dan jajaran khususnya Pengurus Besar sport Indonesia masa bakti pertama. Yang telah begitu besar memajukan sejarah olahraga sport di tanah air,” katanya.

Dirinya berharap dengan adanya Munas dan Rakornas ini, melahirkan kepengurusan yang dapat melanjutkan prestasi esport Indonesia.

Kepemimpinan Jend Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, SH., M.Si., Ph.D. selama menjadi Ketua Umum PBESI, sudah terbukti secara nyata sangat berhasil dengan mendatangkan banyak sekali prestasi yang berhasil dicetak oleh Tim Esports Indonesia di kancah dunia.

Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si. menyebutkan bahwa Esport telah menorehkan sejarah yang istimewa bagi bangsa Indonesia.

“Terima kasih atas capaian yang membanggakan yang ditorehkan timnas Esport Indonesia di bawah kepengurusan PB ESI 2020-2024 yang dipimpin Budi Gunawan,” ungkapnya.

Budi Gunawan diyakini mampu membawa Esport Indonesia terus berprestasi di kancah internasional, membangun esports ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu untuk membawa kemajuan bagi bangsa ini di berbagai sektor,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berhasil Hadirkan Udara Bersih di IKN, Masyarakat Apresiasi Presiden Jokowi

Oleh : Eva Kalyna Audrey )* Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) selaku inisiator pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)...
- Advertisement -

Baca berita yang ini