Datangkan Banyak Manfaat, Pemerintah Realisasikan AMN Dukung Kualitas Pendidikan Tinggi

Baca Juga

Oleh: Henly Wangko )*

Pemerintah merealisasikan program strategis unggulan yakni Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) dalam rangka untuk terus mendukung penuh terjadinya peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan melalui keberadaan gedung itu, nyatanya kini mampu mendatangkan banyak sekali manfaat bagi semua pihak.

Memang AMN merupakan sebuah program unggulan strategis dari pemerintah yang terbukti nyata mendatangkan banyak sekali manfaat untuk masyarakat, khususnya bagi kaum muda.

Pasalnya, dengan adanya program AMN tersebut, merupakan sebuah bukti konkret dari bagaimana komitmen kuat pemerintah untuk mendukung penuh supaya terjadi peningkatan kualitas bagi sektor pendidikan tinggi di Indonesia.

Badan Intelijen Negara (BIN) selaku salah satu lembaga yang bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), menginisiasi pembangunan AMN sebagai bentuk nyata bagaimana keseriusan pemerintah untuk terus memberikan perhatian penuh pada sektor pendidikan di Tanah Air.

Apabila sektor pendidikan mendapatkan perhatian yang penuh dari pemerintah dan mampu meningkatkan kualitasnya, maka bukan tidak mungkin akan menjadikan para anak muda selaku penerus generasi mendatang dan sumber daya manusia (SDM) turut mengalami peningkatan daya saing yang tinggi.

Nantinya bukan tidak mungkin akan menjadikan kesejahteraan semua pihak turut meningkat dengan hidupnya aktivitas perekonomian ataupun bidang lainnya, yang mana hal itu terjadi apabila sektor pendidikan mengalami pembaikan.

Hal tersebut jelas merupakan harapan dan keinginan pemerintah, oleh karena itu terwujud realisasi program strategis unggulan AMN, yang mana sebelumnya juga telah berdiri dengan megah dan sukses besar di Kota Pahlawan Surabaya.

Lantaran banyak sekali manfaat yang mampu masyarakat rasakan, maka menjadi tidak heran mengapa rakyat terus memberikan dukungan agar pemerintah melakukan keberlanjutan akan program tersebut hingga ke berbagai wilayah lain menyebar di seluruh Nusantara.

Selaku katalisator, kemudian lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu mendapatkan mandat untuk terus merealisasikan AMN hingga ke berbagai daerah, seperti yang sekarang sedang berlangsung di Manado, dan nantinya akan terus berlanjut hingga ke Makassar, Yogyakarta, Jakarta dan Malang.

Dalam upaya untuk meningkatkan sektor pendidikan, Presiden Jokowi berharap agar semua pihak mampu turut serta secara aktif agar semangat terus berkobar dalam setiap langkah inisiatif tersebut.

Pendidikan sendiri, sejak jaman dulu hingga sekarang membutuhkan adanya upaya untuk terus berkembang menjadi semakin adaptif, terlebih demi mampu mengimbangi kemajuan dunia saat ini yang bertandakan teknologi, informasi, dan komunikasi yang semakin maju.

Untuk bisa mencetak para SDM muda yang unggul dan memiliki kualitas serta daya saing tinggi, maka peranan dari lembaga pendidikan tinggi menjadi sangat penting sehingga menjadikan pemerintah merealisasikan AMN.

Dengan adanya AMN, maka sebagai wadah untuk mempersiapkan para anak muda, yang mana mereka bukan hanya bisa menguasai ilmu pengetahuan saja secara akademik, namun juga pada bidang non-akademik yang terus terasah.

Anak muda penerus generasi bangsa akan menjadi SDM yang unggul baik itu dari segi fisik, mental hingga moralnya. Mereka juga akan menjadi pemuda yang inovatif karena mampu menghasilkan atau menciptakan beragam karya berkualitas.

Senada, Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko juga mengatakan bahwa selama ini pemerintah terus memberikan perhatian yang sangat serius terhadap pengembangan dunia pendidikan di Indonesia.

Keinginan pemerintah tidak hanya mendidik para anak muda agar pintar secara akademik saja, melainkan juga bagaimana caranya mewujudkan agar pemuda tersebut memiliki karakter Pancasila dan jiwa nasional yang baik.

Keterwujudan hal tersebut bukan tidak mungkin akan semakin lancar berkat keberadaan AMN karena akan menunjang upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas SDM muda bangsa serta juga membentuk karakter mereka dengan penanaman berbagai nilai dasar negara yang kuat.

Upaya menunjang terjadinya peningkatan dan pengembangan bagi kualitas pendidikan tinggi di Indonesia melalui program AMN yang di dalamnya menghadirkan banyak sekali fasilitas lengkap, memadai dan modern demi menunjang semua hal itu.

Sektor pendidikan adalah salah satu bidang yang sangat penting dalam kaitannya untuk mengangkat taraf hidup masyarakat, sehingga baik itu dari segi sosial dan kultural anak muda peru mendapatkan dukungan dan peningkatan kualitas pula.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara (BPPW Sulut), Ir. Nurdiana Habibie menjelaskan bahwa pembangunan AMN oleh pemerintah melalui inisiasi BIN merupakan bentuk tindak lanjut atas arahan langsung Presiden Jokowi dengan ruang lingkup lahan seluas 20 ribu hektare dan luas bangunan 1.595.

Di dalamnya terdapat tower asrama untuk mahasiswa putra dan putri, kemudian ada pula gedung pertemuan, ruang serbaguna, lapangan olahraga, taman, akses hingga jalan dan area parkir.

Realisasi program AMN memang telah terbukti secara nyata mampu mendatangkan banyak sekali manfaat bagi berbagai pihak, khususnya kaum muda bangsa. Pemerintah mewujudkan pembangunan gedung tersebut demi mendukung penuh peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. *) Penulis merupakan Mahasiswa Universitas Prisma Manado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Sukses Selenggarakan PON XXI Dibawah Arahan Presiden Jokowi

Oleh: Laras Indah Sari )* Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara ditutup pada 20 September 2024.  Dalam hal ini,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini