dukhan
Ilustrasi dukhan. (beritaislam.com)

MINEWS.ID, JAKARTA – Salah satu dari banyak tanda munculnya kiamat seperti disebut Alquran adalah munculnya kabut asap panas yang diberi nama Ad Dukhan.

Seperti tertulis dalam Surah Ad-Dukhan ayat 10, “Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata.”

Kabut asap itu jauh lebih dahsyat dari kabut-kabut asap yang membekap sebagian wilayah Indonesia ketika kemarau tiba.

Kabut asap panas yang bernama Dukhan itu akan menyelimuti bumi selama 40 hari dan 40 malam.

Situasi yang digambarkan saat terjadinya dukhan yaitu gelap gulita, asap tebal, dan oksigen yang menipis. Keadaan tersebut membuat nyawa para manusia serasa berada di ujung tanduk.

Bahkan bukan hanya manusia, Dajjal sekali pun bakal ketakutan dengan datangnya kabut asap tersebut karena kabut yang dikabarkan berasal dari meteor bertubrukan dengan bumi dikabarkan bakal membuat cacat makhluk paling ditakuti manusia tersebut.

Lalu, kapan Dukhan bakal muncul? Tidak banyak yang mengetahui, hanya banyak ulama menyatakan setidaknya ada tiga tanda-tanda yang akan memicu Dukhan datang.

Ketiganya adalah bermunculannya penyanyi perempuan, maraknya musik beserta alat-alatnya dan semakin banyaknya orang yang hobi bermabuk-mabukan.

Terjadinya dukhan membuat kondisi manusia seperti dialami Nabi Yunus ketika berada dalam perut ikan paus, yakni : gelap, pengap, panas, tidak ada oksigen, tidak ada makanan dan minuman.

Maka dari itu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam mengajarkan kita jika saat itu datang, kita dianjurkan berzikir seperti zikirnya Nabi Yunus, yakni : “La ilaha illa anta subhanaka inkuntu minadzolimin.” (Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (Ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya.)

Akibat dukhan, kulit manusia bakal melepuh dan meleleh, terutama orang kafir. Namun orang mukmin karena kekuatan iman di hati dan membaca doa dzikir tersebut, maka pengaruh Dukhan hanya membuat mereka lemas sedikit seperti terserang flu.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga mampu melewati segala kesulitan di dunia dan menemukan surga Nya.(Nita Khairani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here