Makkah
Makkah

MINEWS, JAKARTA –¬†Alhamdulillah, seluruh rangkaian puncak haji yang dikenal dengan sebutan ‘Armuzna’ atau Arafah, Muzdalifah, dan Mina telah usai. Namun, di sisi lain, duka juga begitu terasa dalam pelaksanaan haji tahun ini.

Dari laporan terbaru data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji (Siskohat) Kementerian Agama per Rabu 14 Agustus 2019 pukul 11.50 waktu Arab Saudi, tercatat sudah 151 jemaah haji asal Indonesia yang wafat di Tanah Suci.

Dari 151 jemaah yang wafat, delapan di antaranya berasal dari jemaah haji khusus. Petugas haji menyebut sebagian besar jemaah Indonesia wafat karena sakit.

Di antara ratusan jemaah Indonesia yang wafat di Tanah Suci, salah satunya adalah ulama sepuh dan kharismatik KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Menurut Kepala Bidang Pengawasan Haji Khusus Kementerian Agama Abdul Muhyi, jemaah haji yang meninggal dunia berasal dari berbagai embarkasi, mulai dari Jakarta, Surabaya, Solo, dan Ujung Pandang, serta lainnya.

Seperti diketahui, tahun ini jumlah total kuota jemaah haji Indonesia sebanyak 231 ribu. Dari jumlah tersebut, jemaah haji reguler sebanyak 241 ribu dan jemaah haji khusus sebanyak 17 ribu.