Haji 2019
Haji 2019 (ilustrasi)

MINEWS, JAKARTA – Sama seperti ibadah salat, bersedekah atau melakukan kebaikan lain di Makkah akan mendapat 100 ribu balasan dari Allah.

Namun untuk bersedekah, jangan harap Anda bisa menemukan kotak amal di Masjidil Haram atau masjid-masjid lain di tanah suci. Berbeda seperti yang ada di Indonesia.

Lalu bagaimana cara bersedekah di sana? Berikut beberapa tips bagi jemaah haji yang ingin bersedekah di Tanah Suci.

1. Menyalurkan Melalui Lembaga Penyalur Zakat, Infak dan Sedekah

Ada banyak lembaga penyalur zakat, infaq dan sedekah di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Bila tertarik menyalurkan sedekah di lembaga tersebut, Anda bisa datang ke stand yayasan di sekitar pusat perbelanjaan seperti Abraj al-Bait Commercial Centar. Di sana Anda diminta untuk mengisi formulir lalu menyerahkan uang tunai yang disedekahkan.

2. Menitipkan Uang ke Kedai Sabilillah

Selain memberikan sedekah uang, Anda juga bisa bersedekah dengan makanan. Di Tanah Suci, makanan sedekah biasanya dikenal dengan istilah ‘sabil” maksudnya sabilillah (makanan sedekah yang diberikan di jalan Allah).

Salah satu caranya adalah dengan memberikan sejumlah uang kepada kafe atau kedai untuk dibuatkan sejumlah porsi makanan dan kemudian dibagikan langsung oleh penjaga kedai kepada fakir miskin.

Kedai yang menawarkan jasa pendistribusian makanan ini bisa ditemui hampir di seluruh kafetaria. Misalnya di Makkah di lantai dasar pusat perbelanjaan Hotel Hilton.

3. Menghidangkan Teh atau Makanan

Cukup membeli termos dan gelas plastik di super market lalu membagikan di dalam Masjidil Haram. Sedekah seperti ini banyak dilakukan pada hari-hari puasa sunah seperti setiap Senin dan Kamis.

4. Membantu mengambilkan Air Zam zam

Sedekah ini bisa dilakukan dengan berdiam diri di sekitar kran air zam zam dan membantu mengambilkan air untuk orang yang akan meminumnya. Perbuatan ini sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan ada dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Rasulullah memuji perbuatan yang dilakukan oleh anak-anak Abbas. Mereka bekerja seharian untuk menimba air zam zam dan menghidangkannya untuk para peziarah.

5. Membagi Parfum

Hanya bermodalkan sebotol parfum kecil dan berdiri di depan pintu masjid, Anda bisa berbagi parfum kepada setiap jemaah yang lewat.

Nah, asal tahu saja ya, bersedekah dengan cara apapun memiliki banyak keutamaan. Berikut 9 keutamaan bersedekah di antaranya, bisa menghapus dosa, bertujuan agar mendapat naungan di hari akhir, bisa memberi keberkahan untuk harta, bisa melipatgandakan pahala, dapat membukakan pintu menuju surga, bisa menjadi bukti keimanan seseorang, bisa memebebaskan dari siksa kubur, dapat mencegah pedagang dari berbuat maksiat dalam jual-beli dan tentu bisa membuat bahagia. Krisantus de Rosari Binsasi