Presiden Joko Widodo bersama mantan Presiden BJ Habibie, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kedua kiri) berbincang dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) saat melayat Ibu Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 1 JUni 2019. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

MINEWS, JAKARTA-Istri Presiden keenam RI, Ani Yudhoyono banyak menyimpan mimpi yang bakal diwujudkan jika sembuh dari sakitnya. Hal itu terungkap dari mulut sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menceritakan mimpi dan cita-cita istrinya.

“Cita-citanya banyak. Nanti kalau sembuh saya ingin antar cucu-cucu ke sekolah, saya ingin kembali berkebun, saya ingin fotografi lagi, bertemu saudara-saudara rakyat Indonesia dalam suasana yang relaks, bebas dari politik dan kepentingan apapun,” kata SBY di Puri Cikeas, Minggu 2 Juni 2019.

Tapi sekali lagi semua itu Allah tidak izinkan. Oleh karena itulah ia bersama keluarga ingin mewujudkan cita-cita Ibu Ani yang sederhana yang bisa dilakukan oleh manusia.

SBY memohon doa bagi Ani agar diterima di sisi Tuhan. Dia juga memohon agar keluarga diberikan keikhlasan. “Saya mohon doanya aga Bu Ani diterima oleh Allah, tenang dan bahagia. Semoga kami diberikan ketabahan, keikhlasan untuk melepas kepergian Bu Ani, dan insyaallah apa yang dimimpikan Ibu Ani akan kami wujudkan,” katanya.

Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital di Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2019 setelah berjuang melawan kanker darah selama 4 bulan terakhir. Jenazah Ani kemudian dibawa terbang ke Indonesia untuk dimakamkan.

Rencananya jenazah Ani akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu siang ini.