Buah-buahan (ilustrasi)
Buah-buahan (ilustrasi)

MINEWS, JAKARTA –¬†Alhamdulillah. Kita kembali melewati Idul Adha dengan penuh suka cita dan keikhlasan. Nah, biasanya nih, pas lagi momen Idul Adha, menu daging bertebaran di mana-mana.

Waduh, bahaya juga kalau makan daging terlalu banyak. Kolesterol dan darah tinggi pasti mengintai. Enak sih makan daging, apalagi dimasak sop atau sate. Wuih, ngiler!

Tapi, tenang. Jangan khawatir dengan kolesterol dan darah tinggi akibat banyak makan daging. Kalian bisa kok mengatasi itu dengan buah-buahan yang menyehatkan. Mau tahu, buah apa saja yang ampuh usir kolesterol? Yuk, simak!

1. Tomat

Buah yang satu ini kaya dengan senyawa likopen yang ampuh untuk mengusir kolesterol jahat alias LDL. Selain mengusir kolesterol dan mencegah darah tinggi, tomat juga bisa mengatasi masalah lambung.

2. Pepaya

Lembut, manis dan enak. Pepaya kaya dengan C, E dan likopen yang pas buat mengusir kolesterol jahat. Buah ini juga bermanfaat mencegah oksidasi kolesterol di pembuluh darah.

3. Jeruk

Buah kaya air ini mengandung tinggi kalsium, vitamin C dan pektin untuk mengusir kolesterol. Banyak makan jeruk diyakini membantu menjaga tubuh dari masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung.

4. Anggur

Antioksidan quercetin yang terdapat di dalam anggur dipercaya dapat melawan peradangan di dalam tubuh. Selain itu, buah yang bisa menurunkan kolesterol ini mengandung senyawa flavonoid yang mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

5. Semangka

Salah satu buah yang paling kaya kandungan air ini memiliki segudang manfaat. Likopen dan berbagai vitamin penting dalam semangka membantu membuang racun dan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Pisang

Menurut penelitian, serat pisang bisa menghambat pertumbuhan plak akibat kolesterol jahat yang menempel di dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang terbebas dari plak maka jantung dan organ-organ tubuhnya lainnya akan terbebas dari masalah kardiovaskular.